DARI  TNI UNTUK ACEH TIMUR 

DARI  TNI UNTUK ACEH TIMUR

 

_______________________

 

Catatan : Eddyanto SST.

_______________________

 

 

Masyarakat Aceh Timur pantas berbahagia dan bersyukur kepada Allah SWT.

 

Giat Program  Nasional TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dilaksanakan di desa pedalaman bagian ujung paling barat Aceh Timur tepatnya Desa Pante  Rambong Kecamatan Pante Bidari telah menghidupkan kembali “Asa dan semangat ” warga di daerah yang sempat mengecap pahit getirnya konflik Aceh silam.

Tak dipungkiri, hadirnya ratusan prajurit TNI tersebut dengan membawa misi utama membangun desa , membuat masyarakat Pante  Rambong sekitarnya seolah tak merasa pernah berkonflik dengan TNI.

Manunggalnya TNI dengan warga setempat, meski dalam hitugan singkat 30 hari selama giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini berlangsung cukup menambah cerita “romantisme” masyarakat Pante  Rambong bersama bapak bapak TNI  yang gagah perkasa ini.

Hal ini sejalan dengan tema TMMD ke-101 yaitu :

“TNI MANUNGGAL RAKYAT MEMBANGUN KARAKTER DAN KEMANDIRIAN BANGSA.” 

 

 

 

HARAPAN 

 

” TMMD adalah harapan bagi masyarakat desa yang  berada jauh dari Pusat Pemerintahan,” sebagaima ungkap Tokoh agama Desa Pante Rambong,Tgk Aqli (57).

Kami masyarakat Desa Pante Rambong sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga melalui program TMMD ke-101 ini pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.

“Terima Kasih TNI, Terima Kasih Pemda Aceh Timur,”ucap Tgk Aqli (57) dan Idris mewakili warga Pante Rambong.

 

 

TEPIS STIGMA NEGATIF 

 

Disisi lain, pandangan atau stigma selama ini TNI adalah “mesin perang” yang kemana-mana selalu membawa senjata api dipundaknya tertepis sudah.

Melihat keakraban anggota TNI Kodim 0104/Atim yang membaur saat membangun rumah bersama dirinya dan masyarakat disekitar lokasi TMMD, Idris mengaku bisa menepis semua anggapan negatifnya dan warga yang selama ini diperuntukkan kepada TNI.

“Luarbiasa kiprah dan bakti prajurit TNI ini bagi nusa,bangsa ,agama dan masyarakat,”ucap Idris haru  yang kecipratan rezeki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) nya ikut dibedah dalam giat TMMD saat ini.

 

 

INFRASTRUKTUR

 

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis menjelaskan beberapa infrastuktur akan dibangun di Lokasi TMMD diantaranya Pembukaan dan Pengerasan Jalan sepanjang 4 x 350 meter, pembangunan satu unit Jembatan Kanal “C” dan pembuatan satu unit Lapangan Volly.

Selain itu TMMD juga akan melakukan perehaban empat unit MCK dan merehab enam unit rumah dhuafa yang tidak layak huni.

Sementara untuk sasaran non fisik akan diselenggarakan kegiatan sosialisasi untuk menambah ilmu pengetahuan masyarakat dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini adalah upaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kerjasama yang baik dengan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Aceh Timur.

“Kami dari pihak TNI akan selalu berupaya untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat di wilayah Kodim 0104/Atim, “ujar Dandim.

 

 

 

 PENGOBATAN GRATIS

 

Dalam TMMD KE-101, juga diadakan Bhakti TNI  bidang kesehatan pengobatan gratis bagi masyarakat. Kegiatan melibatkan Poli Kesehatan (Polkes) yang dikoordinir oleh Pelda Sihombing.

Pengobatan gratis diremcanakan untuk 200 orang masyarakat serta juga bekerjasama dengan Dinkes Kota Langsa dan Dinkes Kabupaten Aceh Tamiang dalam kebutuhan obat-obatan.

 

 

  RAMAI WARGA

 

Posko pengobatan massal yang didirikan di pojok kiri lokasi Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Lapangan Bola Desa Pante Rambong Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur, Rabu (4/4)ramai didatangi warga.

Tidak hanya pengobatan gratis, Pos Kesehatan tersebut juga memfasilitasi masyarakat melalui program Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi atau biasa disingkat dengan KB dan KR.

Kepala Puskesmas Pante Bidari Dr. Musnadi  menerangkan kegiatan bidang KB dan KR bersama Kodim 0104/Aceh Timur ini merupakan pelayanan Keluarga Berencana dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan di Kecamatan Pante Bidari.

” TMMD ke-101 mempunyai program kesehatan masyarakat, seperti pelaksanaan TMMD sebelumnya kami dari Dinas Kesehatan dan Poli Kesehatan (Polkes) TNI yang dikepalai oleh Pelda Sihombing sekalian menjalankan Program TMKK guna mengurangi angka kelahiran dan menekan angka kematian sehingga masyarakat hidup lebih sejahtera”, jelasnya.

 

 

GAIRAH 

 

Masyarakat Desa Pante Rambong Pante Bidari  Aceh Timur mulai merasakan gairah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang diselenggarakan oleh Kodim 0104/Aceh Timur di desa mereka.

Sejak dilaksanakannya kegiatan Pra-TMMD seminggu sebelumnya oleh personil Kodim 0104/Atim yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) TMMD ke-101, masyarakat yang berada disekitar lokasi TMMD mulai merasakan geliat aktifitas yang dilakukan TNI guna membantu kesejahteraan warga desa.

Kepala Desa (Geuchik) Pante Rambong Ramuli Yasin membenarkan gairah warganya tersebut.

“Warga  sudah mulai berkecimpung guna membantu anggota TNI yang sedang melakukan pembangunan rumah dhuafa ,” sebut Ramuli Yasin.

Ini semua berkat kegigihan dan niat hati yang ikhlas dari bapak-bapak TNI sebagai dharma bhaktinya kepada rakyat,” terangnya.

 

 

SEMOGA TERBAIK

 

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Moch. Fachruddin, S. Sos, (kini mantan,_red) dan Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, S.AP selaku Aster Kasdam IM menyampaikan harapan besar agar Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) TMMD ke-101 di wilayah jajaran Kodam Iskandar Muda dapat meraih predikat terbaik di tahun 2018 ini.

“Jadikan pelaksanaan TMMD tahun  lalu sebagai bahan evaluasi untuk memperoleh hasil yang lebih baik,” harap keduanya

saat  paparan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda Banda Aceh, Rabu (21/3/2018)  lalu  oleh Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis.

Sebelumnya Ketua Tim Asistensi Teknis Penyelenggaraan Bakti TNI dan Analisa penyelenggaraan TMMD 101 TA. 2018 Letkol Inf Suparno, M.Sc dalam  gelara forum tatap muka bersama Forkopimda Aceh Timur di Aula Makodim 0104, Rabu (7/3) turut mengulas TMMD ke- 96 Pada tahun 2016 Kodim 0104/Atim di Desa Paya Meta Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.

Kala itu dengan sasaran pembuatan jalan yang menghubungkan Desa Paya Meta dengan Desa Alue lhok Kecamatan Karang Baru sepanjang 4 Kilometer tersebut telah mendapatkan apresiasi serta mendapat prestasi dalam Lomba Karya jurnalistik TMMD ke-96 yang diraih penulis Eddyanto SST, jurnalis Media haba RAKYAT.

 

 

SINERGISITAS PERS

 

Dandim, Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis menegaskan bahwa wartawan merupakan mitra kerja Kodim 0104/Atim.

Tanpa kehadiran dan sinergitas para insan media yang telah terjalin dengan baik, Kodim 0104/Atim tidak akan meraih predikat Adi Manunggal Utama pada Lomba Binter ke-XX Tingkat Nasional yang diikuti oleh seluruh Satuan setingkat Kodim se-Indonesia,” tegasnya.

Wartawan mempunyai peranan besar dalam membesarkan nama Kodim 0104/Atim, oleh karena itu hubungan silaturrahmi yang telah terjalin dengan baik hingga saat ini agar dapat terjaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

 

 

 DUKUNGAN PEMDA

 

Dukungan Pemda Aceh Timur dalam giat TMMD ini dibuktikan dengan hadirnya Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul bin Syamaun dan pimpinan DPRK didampingi Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis pada Rapat Koordinasi Tekhnis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dilaksanakan di  Gedung Pertemuan Hotel Ciputra Jakarta Barat, Selasa (13/3/2018) .

Rakornis ini dibuka langsung oleh Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD Ke-101, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono.

 

 

 CEK KESIAPAN

 

Agar giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini sukses dan berjalan baik,

Pelaksana lapangan harian (Plh) Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto didampingi Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Letkol Inf Yogi Bahtiar dan Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis juga tak luput menggecek langsung persiapan dan kesiapan Giat TMMD yang digelar Kodim 0104/Atim pada,Rabu (4/4/2018).

Kunjungan kerja ,jumat(30./3/2018) ini untuk melihat apa saja perkembangan dalam pelaksanaan kegiatan selama Pra-TMMD.

Apakah waktu yang ada dimanfaatkan dengan maksimal atau tidak, sehingga dapat diprediksi keberhasilannya agar manfaat dari kegiatan dapat betul-betul dirasakan oleh masyarakat banyak, khususnya warga kedua desa di  Pante Rambong dan Alue Ie Mirah Kecamatan Pante Bidari Kabupaten Aceh Timur ini.

 

 

SEREMONI PEMBUKAAN

 

Wakil Bupati  Aceh Timur Syahrul bin Syama’un membuka  resmi Giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang digelar di Lapangan Bola Desa Pante Rambong Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur, Rabu (4/4).

Upacara diikuti oleh anggota TNI-POLRI khususnya di wilayah hukum kabupaten Aceh Timur, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilahayatul Hisbah (WH) Aceh Timur, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) FKKPI, para pelajar serta segenap komponen masyarakat Desa Pante Rambong dan Desa Alu Ie Mirah.

Dalam amanatnya, Syahrul mengatakan Program TMMD adalah Program Lintas Sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah (Pemda), serta segenap lapisan masyarakat.

Melalui Program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, sebab perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD,” ujarnya.

Program TMMD telah membantu tugas pemerintah didaerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan  daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memanfaatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara berkesinambungangan sehingga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara, lanjutnya lagi.

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Aceh Timur, Kasiter Korem 011/LW Letkol Inf Yogi Bahtiar, para kepala Dinas Kabupaten Aceh Timur, para muspika dan tokoh masyarakat Pante Bidari.

Acara ditandai dengan penyerahan sarana kontak kepada perwakilan TNI dan masyarakat dilanjutkan dengan penanda tanganan naskah kerjasama TMMD oleh Kadis PU Aceh Timur Mahyuddin kepada Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis selaku Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas).

 

     APRESIASI 

 

Pemda Kabupaten Aceh Timur berikan apresiasi pembangunan jembatan kanal “C” sepanjang 4 x 12 meter pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di wilayah Kodim 0104/Aceh Timur.

Wakil Bupati Syahrul bin Syama’un mengatakan pembangunan jembatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pante Rambong dan Desa Alui Mirah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kedua desa.

“Saat ini kita melihat pembangunan jembatan sudah memasuki tahap Abutment atau biasa dikenal dengan konstruksi bagian bawah jembatan yang berfungsi untuk menahan beban diatas bangunan.

Dengan SDM yang ada, ditambah bantuan beberapa alat berat ini menunjukkan bahwa pihak TNI betul-betul bekerja selama kegiatan Pra-TMMD berlangsung,”ujarnya.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan pembangunan jembatan hingga memasuki tahapan seperti ini.

Semoga dengan dibangunnya Jembatan ini, masyarakat dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan mudah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat kedua desa”, harap Wabup.

 

(Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-101 TA 2018, Kodim 0104/AT/ Korem 011/LLW/ Kodam IM )

 

 

Teks foto (1)

Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul bin Syama’un menyerahkan sarana kontak kepada perwakilan TNI dan masyarakat dilanjutkan dengan penanda tanganan naskah kerja-sama TMMD oleh Kadis PU Aceh Timur Mahyuddin kepada Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis selaku Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas)  

Foto: Eddy.

 

 

Teks foto (2)

Kegiatan Bhakti TNI TMMD KE-101 bidang kesehatan, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar pengobatan gratis bagi warga.

Foto: Eddy.

 

 

Teks foto (3)

Pelaksana lapangan harian (Plh) Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto cek kesiapan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang digelar Kodim 0104/Atim pada (4/4/2018).

Foto : Eddy.

 

 

Teks foto.(4)

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis hadiri paparan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda Banda Aceh, Rabu (21/3/2018).

Foto: Ist.

 

 

Teks foto (5)

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Fatimah (57) yang telah selesai dibongkar dan dibangun kembali, menjadi sasaran pertama pada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101.

Foto : Eddy.