PESERTA UNBK MOLOR  1,5 JAM  KARENA PADAM LISTRIK

Nagan Raya, haba RAKYAT

 

Akibat  listrik padam menyebabkan jaringan internet  Ujian Nasional Berbasis Komputer molor dua jam lebih Senin (23/4).

Seperti yang terjadi pada SMP Negeri 5 Seunagan, dimana pelaksanaan ujian yang seharusnya dimulai pada 07.30, namun panitia terpaksa menundanya. Hal tersebut dikarenakan gangguan jaringan internet dan mati listrik.

Kepala SMP Negeri 5 Seunagan Nuriman menjelaskan terkait molornya pelaksanaan UNBK hingga 1,5 jam pada sekolah yang ia pimpin.

“karenakan jaringan dari tadi itu tidak bagus, makanya kita tidak bisa melaksanakan tepat waktu yang seharusnya pada pukul 07.30 namun terlaksana pada pukul 09.00” terangnya.

Bukan hanya itu saja, pada pelaksanaan hari pertama UNBK juga terganggu pelaksanaannya dikarenakan listrik yang tak stabil alias hidup-mati.

“Ini saja kita terpaksa memakai genset karena tadi mati lampu” tambahnya.

Sementara itu, kendala yang sama juga dialami di SMP Negeri 3 Seunagan, dimana pelaksanaan UNBK juga terganggu lantaran pemadaman listrik.

“Secara umum tidak terlalu terganggu, namun juga pelaksanaan telat karena gangguan listrik yang padam” ungkap Iskandar.

Sementara juga di utarakan Kepala SMP 2 Kuala Aja Keumalawati, pada season kedua tidak bisa murid mengikuti UNBK di karenakan listrik terpaksa ujian tidak bisa sehingga harus menunggu listrik hidup.

“Kita minta PLN agar jangan di matikan listrik dalam empat hari ini karena lagi ujian SMP,”mintanya.

Sementara itu.kepala dinas pendidikan nagan raya H.Said Azman.melalui kabit dikdas  bustami.senin(23/4/18)mengatakan pada wartawan habarakyat,padamnya lampu selama lebih kurang 1.5 jam aktifitas peserta UNBK terhenti .padahal kita uda surati PT.PLN  untuk tidak memadamkan lampu dari tanggal 23 s/d 26 April 2018.

Bustami ,juga menjelaskan.bahwa memang di sekolah ada ginset tetapi tidak cukup arus ,walaupun demikian UNBK ahirnya lancar.selain itu juga para peserta UN tahun ajaran 2017-2018 ada dua macam yaitu:UNBK dan UNKP  akan tetapi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) apabila padam lampu semua komputer mati jadi otomatis pelaksanaan terhenti sedangkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ini tidak bermasalah .

Arip bagian jaringan PT.PLN cabang jeram ketika di hubungi melalui telpon selulernya ,mengakui .bahwa padamnya listrik tidak sampai 1.5 jam ,dari pukul 10.24 wib s/d 10.28 wib .padamnya lampu tersrbut ada laporan dari masyarakat seperti gangguan berupa binatang  kesetrum dan ini kita lakukan pengecekan ternyata tidak di ketemukan adanya hal tersebut, ungkap Arip. (Sukma/hR)