Sekda Buka Sosialisasi Hasil Rakernas Ke-VIII Kegiatan TP-PKK Bener Meriah

Bener Meriah, haba RAKYAT

 

Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Ismarissiska, MM membuka kegiatan sosialisasi hasil Rakernas ke-VIII Tim Penggerak PKK Bener Meriah, Selasa (17/4)di gedung serbaguna Empu Beru Jalan Komplek Perkantoran Serule Kayu, Redelong.

 

Sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi hasil Rakernas ke-VIII Tim Penggerak PKK Bener Meriah adalah Wakil Sekretaris TP-PKK Provinsi Aceh Rosmariati. Peserta terdiri dari 10 TP-PKK kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah.

 

Sekda Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM dalam sambutannya menyampaikan, Tim Penggerak PKK berfungsi untuk menjembatani pelaksanaan program Pemerintah dengan kebutuhan masyarakat, sehingga jajaran PKK dapat mempelopori dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga.

 

Katanya lagi, program pokok PKK itu pada hakekatnya juga harus selaras dengan program-program Pemerintah, “karena itu, kami menghimbau agar Tim Penggerak PKK perlu menginformasikan, mengkomunikasikan, dan mengkonsultasikan rencana kerja TP-PKK kepada Pemerintah daerah melalui SKPK yang membidangi urusan Pembinaan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar rencana kerja TP-PKK menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen perencanaan pembangunan pemerintah daerah.”ucap Sekda Drs.Ismarissiska, MM.

 

Lebih jauh disampaikan Sekda, apabila proses dan siklus manajemen program PKK dapat selalu berkoordinasi seperti ini, maka niscaya pemerintah daerah akan memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap program-program tim penggerak PKK, sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga-keluarga menuju masyarakat yang maju, dan sejahtera.

 

Dengan adanya rapat kerja ini kata Drs. Ismarissiska, MM, selain ajang silaturahmi, kemudian juga menyatukan persepsi terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK serta hasil Rakernas akan disampaikan ke tingkat desa untuk menyesuaikan kondisi daerah. sesuai dengan program-program unggulan daerah.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Nurhasanah dalam sambutannya menyampaikan, seperti kita tahu bahwa 10 Program PKK merupakan program prioritas yang dimaksudkan untuk mencapai visi dan misi PKK, yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh jajaran tim penggerak PKK dari kabupaten sampai dengan kelompok-kelompok PKK di kampung-kampung dan Dasawisma sesuai dengan peran, fungsi, dan kapasitasnya masing-masing.

 

Kata Nurhasanah lagi, mengenai bagaimana operasionalisasi 10 Program PKK bisa dilaksanakan hingga ke kampung-kampung tentu menjadi tugas kita bersama untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja gerakan PKK.

 

Lebih jauh dikatakan Nurhasanah, melalui Rakernas ini, mari kita jadikan evaluasi terhadap hal-hal yang telah dilakukan oleh PKK selama ini, atas hasil evaluasi tersebut akan dilakukan penilaian menyangkut keberhasilan dan kemajuan program maupun kegiatan PKK. Penilaian ini selanjutnya dijadikan sebagai bahan merumuskan strategi dan langkah-langkah tindak lanjut dalam bentuk rencana kerja tahunan PKK Kabupaten Bener Meriah.

 

“Melalui Rakernas ini, kami menghimbau kepada para anggota PKK agar tidak mengkotak-kotakan program dan kegiatan berdasarkan pokja yang ada, pada dasarnya pokja memang bertanggung jawab terhadap program dan kegiatan tertentu sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan dalam dokumen hasil Rakernas, akan tetapi di dalam pelaksanaan Program PKK, hendaknya kita dapat saling membantu, serta dapat saling mengisi antar pokja.”ucanya.

 

Diakhir sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah itu berharap kepada masing-masing anggota pokja tidak hanya memahami salah satu pokja di mana yang bersangkutan bertugas, namun juga harus menguasai dan memahami tugas dan fungsi pokja lainnya, “demikian juga dengan fungsi sekretariat TP-PKK, jangan pernah merasa berat, karena hal ini merupakan bentuk pengabdian dalam ikut meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat.”demikian Ketua TP-PKK Bener Meriah Nurhasanah. (Junaidi/hR)

Don`t copy text!