Sekda Buka Sosialisasi Penguatan Kelembagaan PPID Pembantu Lingkungan Pemkab Bener Meriah

Bener Meriah, haba RAKYAT

 

Bupati Bener Meriah Ahmadi.SE,yang di wakili Sekda Drs.Ismarissiska.MM membuka sosialisasi penguatan kelembagaan pejabat pengelola imformasi dan dokumentasi ( PPID) pembantu di lingkungan Pemda Kabupaten Bener Meriah.Rabu ( 18/4) di Aula Setdakab setempat.

 

Dalam kesempatan itu Sekda Bener Meriah Drs.Ismarissiska.MM menyampaikan,bahwa pengelolaan imformasi dan dokumentasi sangat diperlukan,”kami berharap kepada para pejabat tinggi pratama,mampu untuk menguasai teknologi.Karena masih ada pejabat tinggi pratama tidak bisa mengoprasikan laptop.”Ujarnya.

 

Dia juga menambahkan,pentingnya untuk mampu mengoprasikan alat alat tersebut,sebab ada data pribadi yang tidak boleh di ketahui oleh orang lain,yang harus di buat sendiri,”tapi bila tidak bisa menguasai alat elektronik tersebut,”otamatis data pribadi kita akan di ketahui oleh orang lain.”Sebut Sekda.

 

Diakhir sambutannya Sekda Bener Meriah itu berharap hasil dari kegiatan hari ini,mampu memahami dan membangun pemahaman mengenai keterbukaan imformasi dan publik serta peran PPID di Kabupaten Bener Meriah serta melaksanakan simulasi menyiapkan manajemen ke lembagaan dan penyusunan rencana impelementasi PPID di Kabupaten Bener Meriah.

 

Sebelumnya kepala Dinas Infokom dan Persandian Aceh Marwan Yusuf.B.HSc.M.A,menyampaikan terkait bagaimana pentingnya keterbukaan imformasi publik,agar tidak berujung dengan masalah hukum,”karena ini dunia keterbukaan.” Ujarnya.

 

Dia juga menjelaskan,ada imformasi yang terbuka dan ada imformasi yang tertutup untuk publik.”Dalam hal ini,akan kita bahas dalam kegiatan sosiolisasi ini,agar para pejabat pengelola imformasi dan dokumentasi dapat memahami ke dua hal tersebut.”Terangnya.

 

Sementara itu kepala Dinas Infokom Kabupaten Bener Meriah Irmansyah.S.STP.Dalam laporannya menyampaikan kegiatan sosialisasi PPID SKPK tersebut merupakan implementasi dari Undang undang nomor 14 tagun 2018 tentang keterbukaan informasi publik adalah momentum penting dalam mendorong keterbukaan dan akuntabilitas pemerintah daerah.

 

“Maksud dari kegiatan ini,sebagai acuan mengenai ruang lingkup tanggung jawab dan wewenang PPID dalam mempersiapkan imformasi publik.”Tujuan dari acara ini,mendorong teruwujudnya implementasi undang undang KIP ( Komisi Iformasi Publik) memberikan standar bagi pejabat PPID dalam mejalankan informasi publik,dan informasi Kabupaten Bener Meriah tahun anggaran 2018.

 

Harapan yang ingin di capai,”dengan kegiatan ini dapat menyelesaikan daftar imformasi publik di masing masing SKPK,sehingga ada kesiapan imformasi publik di Kabupaten Bener Meriah.” Sebut kepala Dinas infokom Bener Meriah itu. (Junaidi/hR)

Don`t copy text!