Tahun 2018 KPM PKH Pidie Menjadi 38.739

Pidie, haba RAKYAT

 

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Tahun 2018 bertambah sebanyak 23.739 keluarga. Sedangkan, di tahun sebelumnya (2017) jumlah penerima 15.000 keluarga. Total KPM tahun ini sebanyak 38.739

Kepala dinas sosial Kabupaten Pidie, Drs. Malek Kasem melalui, sekertaris Muhammad Haries, di komfirmasi awak media ini diruang kerja nya, kamis (26/4) mengataka, Dari total KPM itu, Kementerian Sosial (Kemensos), menggelontorkan dana bantuan  Rp 73.292.310.000 untuk kabupaten pidie Bantuan itu terdiri dari golongan pendidikan, kesehatan, disabilitas, dan lansia.

Rata-rata, seorang PKM menerima dana bantuan antara Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta per tahun, dengan pemberian beberapa termin.

Haries juga mengatakan , pertambahan itu disesuaikan dengan Basis Data Terpadu (BDT) pemerintah pusat.

Karena ada penggenapan jumlah penerima, lantas akhirnya ada penyesuaian, dan untuk kabupaten pidie ada tambahan. “Jadi, datanya dari pusat, sudah ada rangking penerimanya di data pusat,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya penambahan semuanya rata. Baik pendidikan, kesehatan, disabilitas, dan lansia yang semuanya mendapatkan tambahan. Itu sudah menjadi komitmen pemerintah pusat.

Dalam hal ini, pendamping PKH tidak bisa mencoret atau menambah KPM. Sebab, data sudah didapat dari pusat. Namun, memang secara periodik, yakni setiap tiga tahun sekali, ada Pemutakhiran Data Sosial Periodik Jadi KPM. (Jefri/pjw/hR)

Don`t copy text!