AREAL PERSAWAHAN BLANG SEUMASANG KEKERINGAN

Meulaboh, haba RAKYAT

 

Seluas 15 hektar areal persawahan blang seumasang gampong Ladang, kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh barat, sejak satu minggu terakhir ini tampaknya sudah mulai kekeringan. Menyebabkan sejumlah warga tani di blang seumasang, terpaksa mehentikan sementara pengolahan sawah dengan Hand Traktor.

Demikian ungkap beberapa warga tani kepada wartawan, Minggu (13/5), menuturkan digampong ladang waktu pagi hari.

“Jika hujan tidak turun kami akan berusaha menaikan air kesawah dengan mengunakan mesin pompa air pakai selang keareal sawah. Namun agak sulit dilakukan karena air harus dinaikan dari pengairan sungai di dusun Lamkuta. Agak jauh harus mengunakan selang yang panjang 1000 meter,” ungkap Fauzi menggambarkan.

Sementara diareal persawahan meunumbok Samatiga, salah seorang warga  juga mengatakan sejumlah areal persawahan disana juga mulai kekeringan. Tetap dilakukan berbagai tehnis untuk menaikan air kesawah terutama juga dengan mesin pompa air.

Hal tersebut untuk tidak terhambat melakukan pengolahan sawah, mengingat waktu tanam terbatas,” ucap Adlin penuh harap.

Sementara ini areal persawahan di daerah tersebut, hingga saat ini belum memiliki saluran irigasi sebagai sumber pengairan persawahan. Namun demikian pada Senin besok wartawan akan berusaha menemui Dinas terkait untuk mendapatkan informasi dan solusi terhadap masalah yang saat ini dihadapi petani gampong Ladang. (Muhibbu Jamil/hR)