SARANA IBADAH MILYARAN RUPIAH TERBENGKALAI

Aceh Tengah, haba RAKYAT

 

Pembangunan rumah ibadah bagi umat muslim didaerah ketapang, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, sampai saat ini belum bisa digunakan untuk sarana ibadah. 

Masjid Islamic Center dengan pagu sekitar Rp. 3 Milyar lebih dari APBN 2016 yang dibangun di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang, Kec. Linge Aceh Tengah, terbengkalai. Selain tanpa pagar, kondisi lantai bangunan juga berserakan kotoran hewan ternak. 

Informasi dihimpun dari masyarakat, Rabu (30/5), sejak dibangun setahun lalu, sampai saat ini masjid tersebut belum bisa dipergunakan untuk sarana ibadah shalat. Mesjid islamic center itu belum rampung dikerjakan oleh rekanan dari PT. Gunung Sayang Abadi. 

Sementara, menurut warga setempat, kondisi bentuk bangunan yang sudah berdiri, terindikasi pihak rekanan baru mengerjakan 75 persen pembangunan proyek APBN tersebut. Diduga kuat, terjadi penyimpangan dalam penggunaan anggaran oleh pihak oknum kontraktor. 

Kondisi bangunan atap mesjid yang didirikan dalam kawasan areal ternak sapi itu, saat ini bocor dan lantai belum dikeramik. Sehingga masyarakat mengganggap mesjid islamic center itu belum layak untuk digunakan.

Salah seorang tokoh agama dan masyarakat Ketapang Kec. Linge yang tidak ingin identitasnya disebutkan, saat dimintai keterangannya mengatakan mesjid tersebut mulai dibangun awal 2017, namun hingga sekarang belum rampung dikerjakan. Kondisinya tidak terurus sehingga keberadaannya kerap menjadi pertanyaan di tengah masyarakat.

Hingga saat berita ini terbit, belum berhasil diperoleh keterangan secara resmi dari sumber terkait pihak rekanan/Kontraktor, terhadap pengerjaan proyek tersebut. (Rel – *)