SERUAN BERSAMA FORKOPIMDA ACEH TAMIANG SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

Insert foto, Bupati Aceh Tamiang H Mursil SH MKn. (Foto : hR/Eddy)

Tualang Cut, haba RAKYAT

 

Menyemarakkan Bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah dan melaksanakan syariat islam secara kaffah sesuai dengan Undang Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan keistimewaan Provinsi Daerah Istime Aceh dan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh serta Qanun Nomor 11 Tahun 2002 tentang pelaksanaan syariat islam bidang aqidah,ibadah dan syiar islam , Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Aceh Tamiang menyerukan kepada masyarakat daerah ini agar melaksanakan ketentuan ketentuan sebagai berikut.

Bagi Kaum Muslimin/muslimat
Meningkatkan ilmu pengetahuan agama dan memperbanyak amal ibadah dengan penuh keimanan dan kesadaran untuk memperoleh maghfirah Allah SWT. Melaksanakan ibadah puasa ramadhan semata mata karena Allah SWT dan memakmurkan mesjid, meunasah dan tempat ibadah lainnya dengan melaksanakan shalat tarawih ,tadarus alquran, itikaf dan ibadah lainnya .Menghindari perbuatan yang dapat mengurangi pahala puasa.

Selanjutnya Mewujudkan hikmah puasa ramadhan,Memperbanyak kegiatan dakwah ramadhan, Menunaikan zakat,infak dan sadaqah, Dilarang menjual dan memperbanyak petasan dibulan ramadhan.

Bagi Aparatur Negara
Agar melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya ,penuh tanggungjawab serta memelihara kode etik dan kehormatan korps sebagai aparatur pemerintah ,menjadi tauladan yang baik bagi masyarakat serta melaksanakan kewajiban dan syiar ramadhan.

Bagi Aparatur Penegak Hukum
Wajib melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pelanggaran syariat islam dan melakukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pimpinan Formal dan Informal
Menjadi pelopor dan tauladan bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah, syiar ramadhan serta akhlak terpuji lainnya, memakmurkan mesjid, meunasah dan tempat ibadah lainnya dengan melaksanakan shalat tarawih, tadarus alquran, itikaf dan ibadah lainnya.

Generasi Muda Islam Agar senantiasa mempelopori kegiatan kegiatan yang bernuansa islami pada bulan suci ramadhan melaksanakan Amar Ma’ruf nahi mungkar serta menjauhi diri dari segala perbuatan maksiat dan perbuatan tercela lainnya.

Pemilik Warung, Kedai Makanan dan Minuman Dihimbau untuk tidak menyediakan, menjual makanan, minuman untuk umum sejak pukul 05.00 sd 16.00 Wib.

Untuk menyemarakkan syiar shalat tarawih diharapkan untuk menjaga ketertiban, ketenangan, kenyamanan pada saat umat islam melaksanakan shalat tarawih.

Pengusaha Salon, Hotel dan Tempat Hiburtan lainnya Pengusaha bilyard dan hiburan lainnya dilarang membuka usahanya selama bulan suci ramadhan, pengusaha salon hanya dibolehkan membuka usahanya sejak pukul 09.00 sd 16.00 Wib dengan tetap menjaga ketentuan sebagaimana tercantum dalam surat izin usaha salon, pengusaha hotel dan kafetaria dilarang menggelar karaoke, disko dan sejenisnya selama bulan suci ramadhan.

Media Massa Cetak dan Elektronik
Mendukung sepenuhnya seruan bersama ini dan mempublikasikan kepada masyarakat luas, meningkatkan siaran dan tulisan yang bernuansa islami.

Yang Bukan Beragama Islam
Menghormati pelaksanaan ibadah puasa dalam rangka pembinaan toleransi dan kerukunan hidup antar ummat beragama demi terwujudnya Kesatuan dan Persatuan Bangsa.

Seruan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Aceh Tamiang tertanggal 7 Mei 2018/ 21 Syaban 1439 H ini masing masing ditandatangani oleh Bupati Aceh Tamiang H Mursil SH MKn, Ketua DPRK Fadlon SDH dan lainnya.

SAFARI RAMADHAN PEMKAB ACEH TAMIANG

Menyemarakkan syiar islam di Bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, Pemkab Aceh Tamiang menggelar safari ramadhan ke sejumlah mesjid dalam kabupaten ini.

Safari ramadhan in I dilaksanakan dalam dua putaran ,yakni Tanggal 21 dan 22 Mei 2018.

Bupati Aceh Tamiang H Mursil SH MKn mengatakan Tim safari ramadhan berbuka puasa dimesjid yang dituju atau tempat lain yang ditunjuk oleh camat sesuai jadwal terlampir.

Sementara Camat diminta agar dapat menginformasikan kegiatan ini kepada para Datok Penghulu yang dituju guna menghadirkan masyarakat pada acara safari ramadhan tersebut sesuai jadwal terlampir.

Kepada seluruh kepala Dinas, Kepala Badan,Dinas,Kantor diminta membawa kenderaan dinas dan menghadirkan seluruh Eselon III dan IV .

Adapun titik kumpul seluruh tim safari ramadhan ini di lobby kantor Bupati Aceh Tamiang pada pukul 16.00 Wib.

Gelombang I safri ramadhan ini, Bupati Aceh Tamiang H Mursil akan berkunjung ke Mesjid Baitul Akbar Kampung Bandar Setia Kecamatan Tamiang Hulu, Senin (21/5/2018) dengan penceramah Ketua MPU Kabupaten Aceh Tamiang Drs H Ilyas Mustawa. (Eddy/hR)