Tgk Munir Ajak Jamaah, Isi “Kapal” Ramahan Dengan Tiga Hal

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib (Cekmad), saat bersama para jamaah. (Photo : Azhar/hR)

Aceh Utara, haba RAKYAT

 

Tgk Muniruddin Paloh Gadeng mengajak para jamaah untuk mengisi “KAPAL” Ramadhan dengan tiga hal, yakni dengan mendirikan Shalat, Membaca Alqu’an dan perbanyak Zikir. Hal tersebut disampaikan olehnya selaku Penceramah dari tim Safari Ramadhan Pemkab Aceh Utara.

Tgk Munir  menyampaikan hal itu di hadapan jamaah tarawih di Masjid Baitul Abrar Gampong Teumpeun, Kecamatan Syamtalira Bayu, Sabtu (26/5). 

Menurutnya, tiga kesibukan tersebut, memiliki nilai khusus dan sangat special di hadapan Allah SWT selama bulan Ramadhan ini.

“Jadi kalau Teungku-teungku dan Ummi ada kesibukan selain itu, misalnya ibu-ibu suka nonton sinetron atau kaum bapak nonton bola sampai sahur, sebaiknya hentikan saja dan ganti dengan tiga kesibukan tadi. InsyaAllah kita bisa dapatkan titel taqwa nantinya,” kata Tgk Munir.

Tim Safari Ramadhan Pemkab Aceh Utara yang dipimpin oleh Bupati H Muhammad Thaib, pada hari ketiga mengunjungi Masji Baitul Abrar Gampong Teumpeun, Kecamatan Syamtalira Bayu. 

Sedangkan tim yang dipimpin oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf mengunjungi Masjid Baitil Ali Jabal Hajar Gampong Paloh Mampre, Kecamatan Nisam.

Pada kesempatan itu Bupati Aceh Utara menyerahkan bantuan untuk masjid, masing-masing satu unit mikrofon wireless dan dua lembara sajadah panjang.

H. Muhammad Thaib mengajak masyarakat untuk memperbanyak syukur di bulan Ramadhan ini. Sebab, sangat banyak nikmat Allah SWT yang tidak sanggup diukur dan dihitung yang telah diberikan kepada semua hambaNya, terutama nikmat iman dan nikmat Islam. 

Caranya bersyukur itu, di antaranya dengan memupuk tanggung jawab iman bagi generasi mendatang, anak-anak dan remaja kita.

“Jika kita tak mau memikul tanggung jawab iman tersebut, entah apa jadinya anak-anak kita kelak. Mereka mungkin akan menjauh dari nilai-nilai tauhid dan keimanan yang kita pegang kuat-kuat sekarang ini. 

Oleh karena itu, pembangunan yang paling berat saat ini adalah pembangunan agama, bukan pembangunan infrastruktur atau lainnya,” kata Cek Mad, sapaan akrab Bupati.

Sementara Wabup Fauzi Yusuf di hadapan jamaah tarawih mengharapkan masyarakat hendaknya terlibat langsung dalam pengawasan syariat Islam, di antaranya dengan pengajian-pengajian yang digelar di masjid-masjid, baik bakda magrib maupun bakda shubuh. 

Perlu dibentuk majlis zikir dan gerakan shalat shubuh berjamaah di masjid yang ada dalam Kecamatan Nisam.

Hal itu bisa dilaksanakan, misalnya dengan bekerjasama dengan organisasi yang eksis saat ini seperti Tastafi, Sirul Mubtadin, Hatar, MUNA dan organisasi Islam lainnya. 

Selain itu, juga perlu mengawasi anak-anak kita dari pengaruh Narkoba, pengaruh dunia informasi digital, aliran sesat dan pendangkalan aqidah.

Ceramah Ramadhan di Masjid Baitil Ali Paloh Mampre diisi oleh Tgk Zulfadli (Pimpinan Dayah Keumaral Landeng, Lhoksukon), sedangkan imam tarawih Tgk Hari Sulaiman Ilyas. (hR/Azhar)