Wabup Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi Buka Seminar Sehari

Bener Meriah, haba RAKYAT

 

Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. H Sarkawi, membuka seminar sehari pendampingan orang tua dalam mengurangi kenakalan remaja di Aula Setdakab setempat, Kamis (3/5).

Acara seminar sehari tersebut diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bener Meriah.

Wabup Tgk. H. Sarkawi dalam arahannya menyampaikan, kegiatan seminar sehari tersebut bertujuan dapat menyelamatkan generasi muda. “saya berharap sekali kepada narasumber dan peserta seminar sehari pendampingan orang tua dalam mengurangi kenakalan remaja secara serius, terkait kenakalan remaja dan narkoba.”pinta Tgk. H. Sarkawi.

Wabup Bener Meriah itu juga menambahkan, dari hasil diskusinya dengan pihak Polres Bener Meriah selama ini, sekitar 70 persen lebih tahanan di Polres saat ini adalah tahanan kasus narkoba dengan bermacam pariasi, dan ini cukup besar kasusnya.

“Selama ini mungkin kita berpikir bahwa sabu-sabu adalah permainan kelas elit, dan jauh dari Bener Meriah, ternyata hari ini sudah ditengah kita, menimpa anak-anak kita. Jadi mari kita diskusikan permasalahan ini dengan serius,” harap Tgk. H. Sarkawi.

Diakhir araharannya, Wabup Bener Merih Tgk. H. Sarkawi menghimbau agar seluruh masyarakat Bener Meriah dapat menyelematakan generasi muda. “Kita tidak ingin menghasilkan generasi pecandu narkoba.”demikian Wabup Bener Meriah.

Sementara itu Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah Nikmah Sarkawi dalam kesempatan itu menyampaikan, seperti yang sudah kita ketahui, perkembangan teknologi sekarang ditambah lagi dengan maraknya penggunaan internet telah menimbulkan problem sosial yang menjangkiti remaja sekarang ini yaitu tingkah laku yang menyimpang, yang kerap kita sebut dengan kenakalan remaja.

Apalagi sekarang kita sudah mengenal anak-anak generasi handphone, yang kemana-mana hanya pegang handphone. main game di handphone, baca koran di handhone, nonton tv di handphone. kecanduan terhadap handphone ini adalah salah satu hal yang mendorong kenakalan remaja.

“Tentunya kita selaku orang tua harus bijaksana dan mengetahui cara mendidik anak agar tidak terjerumus dari berbagai tindak kenakalan remaja seperti tawuran, pergaulan bebas, narkoba dan sebagainya, untuk itulah kita disini, bergabung dalam acara seminar yang sangat bermnfaat ini, seminar sehari ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada kita selaku orang tua tentang pola asuh dan pendampingan anak dan remaja di era digital, sebagai upaya kita untuk pencegahan tindak kekerasan dan kenakalan pada anak dan remaja.”kata Ketua GOW Bener Meriah itu.

Ketua GOW Bener Meriah Nikmah Sarkawi itu mengharapan, semoga kita sebagai orangtua mendapatkan wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat sebagai bekal untuk mendidik anak-anak kita agar bisa melindungi anak-anak kita dari kenakalan remaja dan bisa menjadi generasi muda yang cemerlang di masa depan.

Sebelumnya Ketua panitia Seminar Sehari Teti Jupiadi dalam laporannya menyampaikan, peserta seminar sehari tersebut di ikuti oleh 70 peserta dari masing-masing kecamatan yang terdiri dari imam kampung, reje kampung, ketua pemuda, guru ngaji 1 orang dari masing-masing kecamatan, 2 siswa Osis dari masing-masing sekolah yang ada di masing-masing kecamatan, Ibu camat, serta 7 utusan dari kecamatan, 60 orang pengurus GOW, “jadi total keseluruhan peserta seminar sehari ini di ikuti sebanyak 130 orang.”terang Teti.

Kata Teti kembali, adapun tujuan dari kegiatan seminar sehari itu adalah, agar orang tua mengetahui secara kasat mata perkembangan anak apakah sudah terkena narkoba atau tidak, agar orang tua mampu membantu permasalahan anak agar tidak lebih parah, agar orang tua lebih memperketat pengontrolan terhadap anak, dan agar orang tua memperdalam ilmu agama terhadap anak. (Junaidi/hR)