Wabup Buka Acara Sosialisasi Tata Kelola Administrasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Desa

Bener Meriah, haba RAKYAT

 

Wakil Bupati Bener Meriah Abuya Tgk. H. Sarkawi membuka Acara Sosialisasi Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Desa dan Sistem Informasi Desa. Acara ini diadakan oleh CV. Arisandi sebagai pemilik paket produk Sistem Aplikasi Administrasi Desa (SiAdes), Sistem Informasi Monografi dan Profil Desa (SIMONDES) dan Buka Administrasi Desa, acara dilaksanakan di Gedung Serba Guna Dinas Sosial, Pente Raya Kabupaten Bener Meriah  Selasa ( 08/05/).

Menurut perwakilan pihak CV. Arisandi dalam paparanya menyebutkan bahwa tujuan dari acara sosialisasi ini adalah memperkenalkan dan menawarkan produk unggulan mereka tentang sistem informasi desa baik yang bebasis aplikasi maupun secara manual sebagai salah satu upaya yang dapat mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang efektif dan efesien yang dalam hal ini perlu adanya penyajian data administrasi pemerintahan desa secara menyeluruh, terpadu, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Wakil Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam arahan dan sambutannya menyampaikan bahwa memang sesuai perkembangan teknologi di bidang infirmasi dan publikasi sudah waktu dan saatnyalah bagi seluruh instansi pemerintah tak terkecuali pemerintahan kampung untuk menggunakan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta mempromosikan potensi kampung, sehingga dengan cepat, tepat, efektip dan efesien dapat diketahui oleh publik, misalnya keberadaan objek wisata yang ada serta potensi lainnya yang dapat dikembangkan dan bila ada pihak yang punya keinginan untuk berinvestasi secara mudah dapat diketahuinya.

Menyangkut dengan produk yang ditawarkan oleh pihak perusahaan CV. Arisandi ini Abuya mengajak seluruh peserta sosialisasi yang berasal dari unsur Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bener Meriah, utusan kecamatan serta hampir seluruh Reje dan Aparatur Kampung se-kabupaten Bener Meriah ini untuk dapat mencermatinya, apakah bisa digunakan atau tidak nantinya mohon untuk dianalisis dan dicermati.

Disisi lain Abuya Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu memperingatkan para Reje Kampung agar berhati-hati dalam merencanakan, menggunakan dan mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa, jangan sampai bermasalah, ikuti sesuai aturan, sehingga tidak menjadi beban dan lancar bila ada pemeriksaan baik oleh Inspektorat maupun pihak-pihak yang berwenang lainnya. ” Kelolalah dana desa itu sesuai aturan dan pertanggungjawab secara transparan dan akuntabel sesuai ketentuan” pinta Abuya Sarkawi mempertegas embali. (Junaidi/hR)