15 000 Lebih Warga Aceh Selatan Belum Miliki E-KTP

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Selatan, Lahmuddin S.Sos menyatakan, sebanyak 15.000 lebih warga Aceh Selatan belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

“Terbanyak di daerah terpencil bahkan ada juga di daerah yang memungkinkan mendatangi langsung Disdukcapil Aceh Selatan untuk mengurus E-KTP,” kata Lahmuddin kepada Media haba RAKYAT di Tapaktuan, Jum’at (8/6/2018).

Hanya saja, warga di daerah yang memungkinkan mendatangi langsung ke Disdukcapil belum memahami bahwa pentingnya kepemilikan E-KTP.

“Atau mungkin saja, warga yang belum memiliki E-KTP itu tidak sempat mengurus ke Disdukcapil Aceh Selatan,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, lanjutnya, maka petugas Disdukcapil Aceh Selatan mulai besok Sabtu 9 Juni 2018 akan jemput bola kelapangan untuk melayani masyarakat mengurus E-KTP.

“Kita akan turun ke lapangan, besok direncanakan di Pasar Sabtu di Gampong Ladang Tuha, Kecamatan Pasieraja,” sebutnya.

Di Pasar Sabtu itu, petugas nantinya akan melayani masyarakat untuk perekaman E-KTP. Dengan melengkapi persyaratan berupa photo copy Kartu Keluarga dan photo copy Izazah.

“Nanti di Pasar Sabtu Ladang Tuha, kita akan lakukan perekaman dan jika perlu langsung pencetakan E-KTP di lokasi, jika didukung jaringan telekomunikasi,” ucapnya.

Menurutnya, keperluan E-KTP yang belum dimiliki sebagian warga, karena Aceh Selatan sudah semakin dekat pelaksanaan Pilkada serentak. Sehingga nantinya tidak ada lagi alasan warga tidak menggunakan hak suaranya karena tidak ada KTP.

“Untuk itu kita himbau kepada warga yang belum memiliki E-KTP agar segera mengurusnya,” himbaunya. (Ran/hR)