Antisipasi Angka Kecelakaan, Ini Cara Terbaru Satlantas Aceh Utara Sadarkan Berlalulintas

 Iptu. Sandy Titah Nugraha, SIK. Kasat Lantas Polres Aceh Utara. (Dok. Foto : Yoes/hR)

Aceh Utara, haba RAKYAT

 

Jelang Hari Raya ‘Idul Fitri 1439 H/2018 M, Kepolisian Resort (Polres) Aceh Utara meluncurkan cara terbaru yang bernuansa unik dengan penuh modiifikasi dalam menghimbau warga untuk mengutamakan keselamatan di jalan raya.

Himbauan tersebut memang bernada lucu, namun perlu dicamkan semua pengguna jalan raya demi keselamatan diri dan orang lain saat berkendara.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Ian Rizkian Milyardin SIK melalui Kasatlantas Polres Aceh Utara, Iptu Sandy Titah Nugraha, SIK mengatakan, bahwa puluhan mannequin itu sendiri telah dibuat sebelum lebaran dan mendapat apresiasi dari warga masyarakat. Hal ini terbukti banyak masyarakat yang singgah dan berfoto selfie dengan puluhan manneqin-manneqin tersebut.

“Tujuan yang ingin dicapai dari adanya manneqin di sisi jalan nasional dengan berbagai himbauan itu adalah bagaimana masyarakat itu sendiri dapat timbul kesadaran diri dan merasa malu ketika melanggar aturan berlalulintas,” kata Sandy.

Dikatakan lagi, bahwa bagi pengendara yang merasa lelah, maka akan segar kembali saat melihat banyak polisi (manneqin) berdiri di tepi jalan sambil memegang spanduk himbauan tersebut. Bahkan bisa jadi, warga akan berhenti sejenak untuk berfoto, yang tanpa disadari mereka telah beristirahat sejenak untuk melepaskan lelah, baik pada saat perjalanan mudik atau balik nantinya.

“Kita sudah tahu, bahwa suasana di jalan lintas nasional sangatlah padat, sehingga dengan cara-cara seperti ini, kiranya dapat menekan angka kecelakaan nantinya,”  terang Kasat.

Amatan haba RAKYAT, ada beberapa kalimat yang ditulis di spanduk tersebut, di antaranya,

Lu “CINTA” Luna? Jangan deh, mendingan Lu “CINTA” nyawa wkwkwk. Pah, jangan ngebut-ngebut, mama gak mau jadi janda kedua kalinya, dan Cowok sejati gak punya “TIK TOK” tapi punyanya SIM, STNK dan Buku Nikah.

Serta masih banyak lagi kata-kata yang ditujukan sebagai himbauan yang bernuansa unik untuk membangkitkan keasadaran bagi pengendara kenderaan bermotor dalam mentaati peraturan berlalu-lintas serta lebih bermanfaat bagi masyarakat. (Yoes/hR)