Arus Mudik Melalui KM Labuhanhaji Tujuan Simeulue Meningkat

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Arus mudik melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Labuhanhaji di Pelabuhan Labuhanhaji, Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan, tujuan ke Kabupaten  Simeulue, mengalami peningkatan, Minggu (10/6/2018).

“Sejak kemaren (Sabtu 9 Juni 2018) dan hari ini Minggu, jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Labuhanhaji,  meningkat dibanding   hari –  hari biasa,” kata Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, May Fendri SE kepada Media haba RAKYAT di Tapaktuan.

Ia katakan itu seusai melakukan pemantauan arus mudik di Pelabuhan Ferry Labuhanhaji guna melihat situasi keamanan dan keselamatan para penumpang yang menuju ke pulau Simeulue.

May Fendri mengatakan, kendati meningkatnya lonjakkan penumpang, namun  situasi embarkasi masih tertib,  aman dan nyaman. Karena penumpang yang ingin menaiki kapal  tidak terlalu berdesakan.

“Banyak dari penumpang yang ingin mudik ke pulau Simeulue  tidak terlalu  menumpuk di dalam terminal maupun di dalam kapal, ” ujarnya.

Menurutnya,  meningkatnya   jumlah penumpang yang ingin mudik ke pulau Simeulue dengan  menggunakan kapal laut pada tahun ini, karena sudah mendekati hari raya  Idul Fitri 1439 H.

“Sebab sebagian besar masyarakat yang berada di pulau Simeulue lebih memilih jalur laut di bandingkan jalur udara untuk pulang ke kampung halamannya, karena harga tiket kapal  relatif jauh lebih murah,” sebutnya.

Dikatakan, Satgas SAR Aceh Selatan  akan terus melakukan pemantauan di Pelabuhan Labuhanhaji. Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mudik ke kampung halaman agar mengutamakan keselamatan.

“Begitu juga kepada   masyarakat yang ingin mudik via darat maupun yang menggunakan kapal supaya  mengutamakan keselamatan bila terjadi kondisi darurat,” himbaunya. (Ran/hR)