JELANG MEUGANG LEBARAN BABINSA TURUN KE PASAR

Pemantauan harga oleh Babinsa akan terus dilakukan hingga waktu lebaran nanti. (Foto : Eddy/hR)

Aceh Timur, haba RAKYAT

 

Untuk mengantisipasi kenaikan harga jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang sebentar lagi tiba, Babinsa jajaran Kodim 0104/Aceh Timur turun ke pasar guna memantau harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako), sayur-sayuran dan buah-buahan dan daging yang berada di wilayah kerja Kodim 0104/Atim di Kabupaten Atim dan Kota Langsa, Rabu (13/6).

Komandan Koramil (Danramil) 06/Darul Aman Kapten Inf Irwansyah, telah memerintahkan anggotanya terjun langsung ke pasar .

berdasarkan hasil survey di lapangan, harga sembako hingga saat ini masih dalam keadaan normal.

Saat mendekati lebaran nantinya jika harus mengalami kenaikan, harga Sembako, sayur-mayur dan buah-buahan tersebut harus sebatas kewajaran, sehingga masyarakat tidak merasa tercekik untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

Adapun yang menjadi sasaran adalah Pasar-pasar tradisional di setiap wilayah yang menjadi binaan masing-masing Koramil jajaran Kodim 0104/Atim,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga menjelang lebaran nanti.

Apabila terjadi lonjakan diluar batas kewajaran, maka pihak TNI dalam hal ini Kodim 0104/Atim akan melakukan koordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat agar segera menstabilkan harga supaya masyarakat tidak menjerit atas kenaikan harga yang terjadi.

Sebagai TNI-Rakyat kita harus masuk dari segala lini untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya sesuai dengan yang tercantum pada Delapan Wajib TNI butir kedelapan, “terang Kapten Irwansyah lagi.

Berdasarkan pemantauan babinsa, harga komoditas sembako didapatkan seperti Beras 1 Kg Rp. 10.000,- Per kilonya Bawang Merah Rp. 40.000,- Bawang Putih Rp. 35.000,- Cabai Merah Rp. 40.000,- Wortel Rp. 11.000,- Daging Rp. 170.000,-

Gula Putih Rp. 13.000,- Minyak Makan Rp. 16.000,- Telur Ayam 1 Papan Rp. 50.000,-  serta harga barang yang lainnya masih dalam keadaan normal. Pemantauan harga oleh Babinsa akan terus dilakukan hingga waktu lebaran nanti. (Eddy/hR)