Kapolres Asel Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada

Dok. Foto : Ist.

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST pimpim apel pergeseran Pasukan Pengamanan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan 2018, bertempat di Lapangan Naga, jalan Teuku Cut Ali, Tapaktuan, Senin (25/6/2018).

Peserta apel pasukan terdiri dari personel Polres Aceh Selatan, Brimob, TNI Kodim 0107/Asel, Bataliyon 115/ML, Polsek Koramil, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Hansip.

Pasukan akan digeser untuk mengamankan 391 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 260 gampong (desa) yang tersebar di 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Acara tersebut dihadiri Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Aswaldi SE, Pj Bupati Aceh Selatan yang diwakili Sekdakab, H Nasjuddin SH MM, Ketua DPRK Teuku Zulhelmi, Dandim 0107/Asel, Letkol Kav Hary Mulyanto, Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, H Zulkarnaen SH MH.

Kajari yang diwakili, Ketua Mahkamah Syariah, Danyon 115/Macan Louser, Ketua KIP Khairunis Absyir ST, Ketua Panwaslih Hendra Syahputra S.Sos.I, Ketua MPU, Ketua MAA, Kasatpol PP dan WH, Drs Rahmat Nuddin, M.Si, Danposal Aceh Selatan, Peltu Herianto, serta undangan lainnya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono dalam arahannya menyebutkan, pemungutan dan penghitungan suara, tinggal dua hari lagi. Dan sekarang sudah berada pada tahap ter-inti Pilkada Damai Aceh Selatan.

“Ini adalah sebuah sistem pembelajaran politik masyarakat dan komponennya dalam pengelolaan kehidupan berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Pembelajaran ini tidak hanya bermanfaat bagi tingkat penyelenggara pemerintahan, tapi termasuk Polres Aceh Selatan sebagai pengemban Harkamtibmas yang terus berupaya memaksimalkan dan mengembangkan pola inovasi efektif pada sistem pengamanan yang berlangsung di Kab. Aceh Selatan.

“Membaca pada situasi yang berkembang dan konteks kita selaku aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat maka sejokjanya “Kita Tidak Mensikapi Secara Under-Estimate” ujarnya.

Kapolres melanjutkan, berdirilah pada proporsi dan standar profesi kepolisian yang dilandasi kemanusian dengan mengawal terselenggaranya proses demokratisasi di Kab. Aceh Selatan sesuai konstitusi dengan damai.

“Untuk itu dalam rangka mendukung perkuatan di jajaran, kita akan menggeser sejumlah 396 personel ke TPS, bersama personel Brimob dan TNI,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Dedy Sadsono berpesan kepada personel yang akan melaksanakan tugas pengamanan TPS agar kenali betul area tugas, dan laksanakan tugas dengan baik, tegas namun humanis.

Senantiasa memegang teguh komitmen netralitas, melakukan koordinasi, dan kerjasama dengan pihak terkait. Jangan pertaruhkan keluarga, masa depan bangsa dan negara ini hanya untuk kepentingan sesaat.

“Catatan diatas cukuplah kiranya menjadi komitmen institusi yang patut kita hormati bersama dengan kesungguhan dan tulus ikhlas,” pesannya. (Ran/hR)