Kepala Cabang BPJS Meulaboh, Mahmul Ahyar : “Jamin Pelayanan Kesehatan Selama Mudik Lebaran”

Kadis Kesehatan dr Zafril Luthfi,M.Kes (kiri)  Kepala Cabang BPJS Meulaboh, Mahmul Ahyar (tengah) Direktur RSUD CND Meulaboh, dr Furqansyah (kanan), konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Akfi Café Meulaboh, senin (4/6/2018). (Adi/hR)

Meulaboh, haba RAKYAT

 

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir pada saat mudik lebaran Idul Fitri 1439 H, tepatnya H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018 Peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur lebaran dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,”kata Kepala Cabang BPJS Meulaboh, Mahmul Ahyar saat konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Akfi Café Meulaboh, senin (4/6/2018).

BPJS Meulaboh telah menjalin kerjasama dengan seluruh rumah sakit/faskes di wilayah BPJS Meulaboh untuk selalu siap menerima masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis dasar dan dalam keadaan kegawatdaruratan seluruh faskes baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku dan pihak rumah sakit/Faskes tidak boleh menolak dengan alasan apapun,”paparnya.

Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang hendak mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS,”pesan Mahmul Ahyar

Mahmul Ahyar menambahkan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Google Play Store (berisi informasi penting BPJS) atau bisa juga dengan menghubungi BPJS Kesehatan melalui Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam, termasuk hari minggu dan hari libur nasional.

Kadis Kesehatan dr Zafril Luthfi, M.Kes menjelaskan  untuk libur lebaran, telah menyiapkan daftar piket di pukesmas dengan 2 kategori yaitu rawat ginap (24 jam dengan 3 shif) dan rawat jalan (1 shif dengan 7 jam kerja) untuk obat-obatan telah tersedia termasuk standby ambulance

Hal yang sama juga disampaikan Direktur RSUD CND Meulaboh, dr Furqansyah, untuk RSUD Cut Nyak Dhien juga telah disiapkan piket dan standby 6 dokter spesialis yang siap melayani keadaan kegawatdaruratan saat libur lebaran tahun ini,”ujarnya. (Adi/hR)