KIP Tetapkan 135.690 Jumlah Pemilih Sementara di Aceh Tengah, Jumlah TPS Masih Fluktuatif

Aceh Tengah, haba RAKYAT

 

Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (17/6/2018), menetapkan 135.690 jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS), pada Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aceh Tengah. Jumlah tersebut terdiri dari 67.406 jumlah pemilih laki- laki dan 68. 284 jumlah pemilih perempuan yang tersebar di 631 TPS, pada 295 kampung di Aceh Tengah.

Penetapan jumlah tersebut menurut Ketua KIP Aceh Tengah Marwansyah adalah berdasarkan keputusan rapat pleno terbuka KIPKabupaten Aceh Tengah yang dihadiri oleh  seluruh komisioner KIP Aceh Tengah, Komisioner Panwaslu, Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panwascam Se Kabupaten, Pimpinan/penghubung Partai Politiuk peserta pemilu Se- Aceh Tengah.

Dijelaskan Marwan, penetapan DPS tersebut adalah berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2018 yang diantaranya dasar yang digunakan dalam Rekapitulasi DPS adalah Formolir Model A.B 2-KPU formolir Model A.C.2-KPU, Model A KPU dan Model AA KPU dan Formolir model A.C.3- KPU.

Marwan juga menyampaikan, “Dalam rekapitulasi Penetapan DPS, peserta rapat dapat mengajukan keberatan atas hasil rekapitulasi dengan catatan ada bukti yang otentik dan bukan berdasarkan asumsi atau prediksi dan sesuai ketentuan,” kata Marwan.

Lebih lanjut ia mengatakan, Setelah penetapan DPS masih ada dua tahapan lagi yang harus dilakukan yaitu penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada bulan Agustus 2018 mendatang. Proses ini berpengaruh pada penetapan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Aceh Tengah. Ketua KIP juga mengaharapkan masukan dan tanggapan  masyarakat terhadap pengumuman DPS yang ada diumumkan disetiap kampung

Sebelumnya Asri Bukit Komisioner KIP Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan bahwa kegiatan rekapitulasi ditingkat kabupaten itu merupakan tindaklanjut dari kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Pantarlih belum lama ini yang kemudian direkapitulasi di tingkat desa, tingkat kecamatan.

Pada kesempatan yang sama Vendio Ellafdi, SE.AK Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah   menyampaikan. Penetapan DPS bukanlah harga mati, “DPS ini masih membutuhkan proses untuk sampai ke DPT, masih ada tahapan perbaikan” kata Vendio  oleh karenanya KIP Aceh Tengah diminta untuk lebih mensosialisasikan kepada masyarakat yang telah mempunyai hak pilih untuk memastikan telah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu tahun 2019.

Sementara itu Sekretaris KIP Aceh Tengah, Muhammad Sofyan, M. SI menyampaikan berdasarkan absen kehadiran, ada 13 dari 20 partai politik yang hadir pada acara rekapitulasi tersebut, sementara dari penyelenggara baik KIP dan Panwas umumnya hadir. Acara dimulai pukul 15.20 s/d dengan 21.20 di Aula Kantor KIP Kabupaten Aceh Tengah. ( Rel – Aman Kiswah)