Kodim 0107/ Asel Kerahkan 308 Personel Amankan Pilkada 2018

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Kav Hary Mulyanto menyatakan, sebanyak 308 personel akan dikerahkan untuk  pengamanan Pemungutan dan Penghitungan Suara  Pilkada Calon  Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan Tahun 2018.

308 personel ini terdiri dari 4 kelompok, yakni kelompok Komando,   kelompok jajaran Koramil, kelompok satuan Intelijen dan kelompok  satuan tempur  dari  Bataliyon 115/Macan Louser.

“Tugas satuan dari jajaran Koramil mempertebal unsur kepolisian dalam rangka pengamanan di TPS, pengiriman logistik maupun sampai dengan kotak suara kembali ke KIP,” kata Dandim Letkol Kav Hary Mulyanto kepada wartawan di Tapaktuan, Senin (25/6/2018).

Sedangkan satuan dari Intelijen, mereka akan melaksanakan deteksi dini dan pencegahan dini terhadap kemungkinan  potensi konplik yang ada di wilayah agar dapat dilakukan upaya –  upaya pencegahan sampai dengan penghentian,  apabila terjadi konplik.

“Termasuk untuk Bataliyon, mereka akan melakukan patroli bersama untuk menciptakan rasa aman dan memastikan bahwa negara hadir di tengah – tengah masyarakat untuk menjamin setiap warga masyarakat di Aceh Selatan dapat memberikan hak suaranya secara aman, nyaman dan damai,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST mengatakan, hari ini seluruh pasukan terdiri dari TNI/Polri sudah digeser ke masing – masing TPS di 18 kecamatan. Personil yang telah digeser ke masing – masing wilayah, berjumlah lebih kurang 900 personil.

Pasukan pengamanan  terdiri dari personel Polres Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Brimob, Korem 012/Teuku Umar, Kodim 0107/Asel, Koramil dan personel Bataliyon 115/Macan Louser.

“Hari ini tugas – tugas kita selaku pengamanan Pilkada Aceh Selatan sudah mulai, sampai dengan kotak suara bergeser dari KIP dan kembali lagi ke Kantor KIP,  pasukan akan mengamankan,” tutur Kapolres AKBP Dedy Sadsono.

Menjawab pertanyaan terkait tempat TPS yang dianggap  rawan,  Kapolres menjelaskan, ada 4 tempat TPS. Pertama   di Kecamatan Kluet Tengah,  tepatnya  di Aluekeujruen.

“Karena  tranportasi  ke sana sangat sulit, melalui sungai butuh waktu yang sangat lama, begitu juga  kembalinya juga  seperti itu. Dan tiga tempat TPS   di wilayah Bulohseuma. Alhamdulillah, tranportasi disana cukup lancar dan juga didukung sarana  telekomunikasi,” jelasnya.

Kapolres menyebutkan, untuk masing – masing tempat TPS mendapat pengamanan dari 1 personel   TNI dan 1 personel  Polri. Sedangkan untuk tempat TPS yang dianggap rawan mendapat pengamanan  2 personel  TNI dan 2 personel   Polri.

Personel Bataliyon dan Brimob juga melakukan pengamanan di wilayah masing – masing dengan patroli bersama. Untuk mengantisipasi apabila terjadinya intimidasi dan kegiatan – kegiatan yang dapat menganggu kelancaran penyelenggaraan Pilkada Aceh Selatan.

“Kita harapkan kepada masyarakat Aceh Selatan agar dapat menggunakan hak pilihnya, jangan takut, karena kami ada di setiap kecamatan,” harapnya. (Ran/hR)