Kodim Gelar Komsos Dengan Pemda

Gayo Lues, haba RAKYAT

 

Komando Distrik Militer (Kodim) 0113/Gayo Lues menggelar Komunikasi Sosial (komsos) dengan pemerintah daerah, Jum’at  (1/6/18) sekira pkl 17.30 di Makodim setempat, Aih Jernih Kecamatan Blangkejeren.

Dihadiri oleh Bupati Gayo Lues H. M. Amru, Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani, Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman, S. IK beserta perwira polisi dan jajarannya, Belasan anak yatim, dan beberapa ulama.

Dengan tema “Melalui Komsos Dengan Aparat Pemerintah, Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Antara TNI AD dengan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menyukseskan Program Pemerintah RI di Daerah” acara berlangsung khidmad, lancar dan sederhana.

Dalam kesempatan itu Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf Muhammad Faizal Nasution, S. IP menyampaikan amanat dan arahan pimpinan tertinggi TNi AD untuk disampaikan kepada pemerintah daerah, diantaranya netralitas TNI, TNI tidak boleh dilibatkan dalam politik praktis. Dengan harapan situasi di Gayo Lues lebih kondusif dari kabupaten lainya.

“Jangan sampai terjadi seperti pilkada 2012 lalu. Gayo Lues adalah daerah hijau atau aman kondusif namun karena gesekan tertentu  terjadilah hal yang tidak kita inginkan,” kata Dandim

Yang kedua sinergitas, lanjut Dandim,  sinergitas dalam arti kata satu dengan yang lainnya saling bahu membahu, mengerti dan memahami serta menjalankan apa yang menjadi tugas bangsa ini. Antara pemda dan TNI serta dengan seluruh komponen yang ada.

Yang ketiga, karena ketahanan nasional merupakan ketahanan pangan maka TNI juga mendukung program pemerintah untuk swasembada pangan. Diantaranya memotivasi masyarakat dengan membuat demplot tanaman pangan dan ikan, dan  luas tambah tanam (LTT) ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Setelah membuat program demplot tanaman pangan, kami sekarang sedang membuat demplot ikan semoga ini berhasil. Dan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat,” tambah Dandim.

Sementara itu Bupati Gayo Lues memberikan sambutan singkat sembari menunggu acara buka puasa bersama.

Dikatakan, pemda merasa Dandim dan jajaranya memiliki peran yang cukup penting dalam mewujudkan berbagai program pemerintah daerah, disamping tugas pokok TNI.

“Kami berharap kedepan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan, baik TNI maupun Polri dukungan sangat dibutuhkan dalam mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati. Untuk itu kami harapkan kerjasamanya dari tingkat kabupaten hingga desa mari kita saling mengisi kekurangan dan menyempurnakan setiap kelemahan tersebut, yaitu apa apa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat,” kata bupati singkat.

Usai komsos dan memberikan santunan kepada anak yatim dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ust Wawan Setiawan, kemudian buka puasa bersama dan shalat magrib berjama’ah. (Hendri/hR)