MELALUI MANUNGGAL SHUBUH, TNI CIPTAKAN RASA NYAMAN DALAM BERIBADAH
Babinsa jajaran Kodim 0104/Aceh Timur dari Ramil 22/Langsa Barat  melaksanakan Manunggal Shubuh di Mesjid Baiturrahim Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baro ,Rabu (6/6). Foto : Eddy/hR.

Langsa, haba RAKYAT

 

TNI Manunggal Shubuh, merupakan salah satu upaya yang telah menjadi rutinitas sehari-hari bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya yang beragama Islam dalam melaksanakan Ibadah Sholat Fardu.

Babinsa jajaran Kodim 0104/Aceh Timur dari Ramil 22/Langsa Barat  melaksanakan Manunggal Shubuh di Mesjid Baiturrahim Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baro, Rabu (6/6).

Saat melaksanakan kegiatan Manunggal Shubuh, para Babinsa diwajibkan menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) agar diketahui oleh masyarakat yang akan melaksanakan Ibadah bahwa ada aparat TNI disekitar mereka yang juga melaksanakan Ibadah.

Secara Psikologis, hal ini tentunya dapat meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi seluruh Jamaáh Shubuh yang hadir.

Hal itu diungkapkan oleh Danramil 22/Lgsb Letnan Satu Inf Sukamto. Menurutnya, kejadian teror terhadap para Ulama, Imam dan Pengurus Mesjid yang sempat viral dilakukan oleh Orang gila beberapa waktu lalu masih menjadi momok bagi sebagian kaum Muslimin, ditambah lagi dengan berbagai aksi teror yang belakangan terjadi di beberapa tempat berbeda di Indonesia membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan terutama pada jam-jam rawan, cetusnya.

Pimpinan Tertinggi TNI telah memerintahkan seluruh jajaran TNI untuk membantu Polri dalam upaya meningkatkan kemanan dan ketertiban masyarakat (Khamtibnas), terutama di tempat-tempat Ibadah yang kemudian ditindak lanjuti oleh Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf M. Iqbal Lubis dengan memerintahkan seluruh Babinsa di Koramil Jajaran agar setiap harinya melaksanakan Manunggal Shubuh di wilayah binaannya masing-masing.

Dengan diberlakukannya kegiatan rutinitas ini, masyarakat tidak perlu lagi merasa takut saat hendak menjalankan perintah Allah SWT, terutama dalam melaksanakan sholat shubuh, “pungkas Sukamto. (Eddy/hR)