Pansus DPRK Aceh Selatan Sorot Kinerja Kadis Pertanian

Tapaktuan, haba RAKYAT

 

Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRK Aceh Selatan, Tgk Adi Zumawar mengkritisi dan menyorot kinerja Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, Yulizar SP MM.  Karena tidak pernah menghadiri rapat penting setiap diundang oleh  DPRK Aceh Selatan.

Hal itu ia beberkan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRK Aceh Selatan tentang penyampaian rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Aceh Selatan Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ-AMJ Bupati Aceh Selatan Tahun 2013 – 2018, di Gedung DPRK setempat, Senin (4/6/2018).

Menurut dia, setiap ada rapat penting di lembaga dewan, Kadis Pertanian Aceh Selatan selalu mengutus perwakilan. Hal ini menjadi president buruk dalam sebuah institusi negara apalagi yang dibicarakan adalah antara eksekutif dan legislatif menyangkut hajat hidup orang banyak di Kabupaten Aceh Selatan.

“Kadis Pertanian merupakan salah satu pimpinan di institusi tersebut, seharusnya tidak boleh diwakili oleh bawahannya saat membicarakan banyak persoalan mengenai bidang pertanian,” ungkap Tgk Adi Zumawar.

Selain menyorot Dinas Pertanian, Tgk Adi Zumawar dari Fraksi Partai Aceh Itu juga menyorot Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Syariat Islam dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

Namun, kritikan tajamnya itu, bukan menyorot atas kinerja masing – masing Kepala Dinas, melainkan tentang capaian pembangunan yang telah dilaksanakan oleh masing – masing SKPK dimaksud.

“Sejumlah pembangunan masih minim dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti pembangunan docking boat nelayan di TPI Meukek,” sebutnya.

Rapat Paripurna Istimewa DPRK Aceh Selatan tentang penyampaian rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Aceh Selatan Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ-AMJ Bupati Aceh Selatan Tahun 2013 – 2018 dipimpin oleh Ketua DPRK Teuku Zulhelmi dan didampingi Wakil Ketua II Zamzami ST.

Turut hadir Pj Bupati Aceh Selatan, Dedy Yuswadi AP beserta unsur Forkopimda, Sekdakab H Nasjuddin SH MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK, Kepala Bagian (Kabag) Setdakab, Kepala Bidang (Kabid) masing – masing SKPK dan undangan lainnya.

Rapat tersebut mengalami penundaan, karena Pj Bupati Aceh Selatan, Dedy Yuswadi seusai rapat diskors sekira pukul 12.30 WIB, bergerak ke Labuhanhaji Barat untuk menyerahkan bantuan masa panik terhadap korban kebakaran. Rapat akan dilanjutkan kembali sesudah ada kesepakatan Badan Musyawarah (Bamus) dewan. (Ran/hR)