PEMKAB NAGAN PERINGATI MALAM NUZULUL QUR’AN

Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham SE. dan rombongan buka puasa bersama dan sekaligus peringati malam Nuzulul Qur’an, Jum’at (1/6). Foto : Sukma.

Nagan Raya, haba RAKYAT

 

Bertempat di Masjid Hidayatul Rahman, Gampong Kabu, Kec. Tripa Makmur, Jum’at (1/6) malam, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melanjutkan safari Ramadhan sekaligus memperingati nuzulul qur’an.

Acara diawali dengan buka puasa bersama. Turut hadir pada peringatan nuzulul qur’an tersebut antara lain kapolres, perwakilan dandim, sekda, para kepala SKPK, para camat, perangkat gampong serta masyarakat.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal menyangkut rencana pembangunan ke depan, termasuk upaya penanggulangan banjir karena meluapnya Krueng Tripa yang dialami warga kecamatan tersebut setiap tahun.

Menurutnya, persoalan penanggulangan banjir Tripa sudah diusulkan ke Jakarta supaya dananya dianggarkan dalam APBN.

Usai sambutan singkat bupati, acara diakhiri dengan tausiyah nuzul qur’an yang disampaikan oleh Tgk Yusnaidi, Lc. Pada kesempatan tersebut penceramah menyampaikan secara singkat sejarah turunnya Alqur’an.

Katanya, Alqur’an yang diturunkan di Bulan Ramadhan untuk menjadi petunjuk yang menyelamatkan dan yang menuntun manusia pada kebenaran. Termasuk di dalamnya mengatur soal makanan.

Karenanya, di bulan puasa kita disuruh menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan lainya.

Kanjut bupati, Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya hendaklah melihat makanannya. Sebab, makanan yang kita konsumsi ikut menentukan perilaku. Orang yang tumbuh kembangnya itu dari makanan yang haram, sangat berpengaruh pada perilaku. Orang yang makanannya bersumber dari yang haram, maka kehidupannya tidak benar. (Sukma/hR)