Peningkatan Drastis, MIN 8 Takengon Butuh Tambahan Lokal

Irfan SPd.I Kepala Sekolah MIN 8 Takengon. (Dok. Foto Erwin/hR)

Aceh Tengah, haba RAKYAT

 

Pendaftaran penerimaan Siswa-siswi baru Tahun Ajaran 2018/2019, telah dibuka oleh Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN)  8 Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Saat ini berdasarkan informasi sudah sampai pada tahap daftar ulang, Kamis (21/6), dengan jumlah pendaftar murid baru mengalami peningkatan drastis.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah MIN 8 Takengon, Irfan SPd.I, saat memberikan keterangan kepada wartawan, ketika wawancara dikantornya. Bahkan pada tahun ini, berdasarkan data jumlah pendaftar telah melebihi kapasitas lokal dan hingga saat ini (Daftar ulang -Red) masih ada wali murid memaksa agar anaknya bisa diterima untuk bersekolah ditempat tersebut.

“Kapasitas  yang dimiliki perlokal hanya mampu menampung 40 orang, dengan jumlah lokal hanya 3 gedung. Namun jumlah pendaftar over kapasitas, sehingga tidak tertampung lagi dan terpaksa kita tolak,” kata Irfan.

Ia juga menambahkan, usulan penambahan gedung untuk lokal sudah diajukan, hanya saja untuk realisasinya belum ada kabar hingga saat ini, usulan tersebut menurutnya diajukan ke Tingkat 1.

“Kita telah berikan data-data dari sekolah, kemudian ada tim dari Banda Aceh yang datang untuk meminta data dan telah kita serahkan, informasi selanjutnya belum ada konfirmasi dari sana,” demikian katanya.

Ia berharap agar penambahan gedung baru dengan konsep rehab dan bertingkat dua, dapat direalisasikan secepatnya pada tahun ini. Sebab jumlah pendaftar setiap tahun terus semakin meningkat, sama seperti pendaftaran pada tahun lalu. Bahkan untuk tahun ini, jumlah pendaftar yang tidak bisa diterima mendaftar sudah melampaui jumlah satu kelas murid.

“Harapanya kalau bisa dalam tahun ini terealisasi, karena memang kapasitas anak-anak ini sudah banyak dan supaya tidak menggangu proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Tingginya minat wali murid untuk mendaftarkan anaknya bersekolah di MIN 8 Takengon, bukan saja karena faktor pendidikan agama yang menonjol, namun karena sekolah tersebut juga sudah didukung dengan kegiatan ekstra kulikuler (Ekskul) dan prestasi gemilang di tingkat kabupaten.

Prestasi gemilang diraih pada tahun ajaran yang lalu antara lain, perlombaan tari kreasi gayo dan lomba pidato, serta lomba baca cerita. Untuk lomba pidato meraih juara 1 tingkat Kabupaten dan tari kreasi juara 2, serta lomba baca cerita berhasil meraih juara harapan 1.

Program ekskul selanjutnya yang akan dikembangkan dan digalakan oleh pihak sekolah MIN 8, untuk mencapai prestasi terbaik sebagai prioritas, selain Marching Band dan Pramuka agar lebih efektif, juga  pengembangan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) bekerjasama dengan pihak Puskesmas Bebesen.

Dalam kesempatan itu Irfan SPd.I juga mengatakan bahwa Pemda Aceh Tengah, pada tahun 2017 telah memberikan perhatian dengan bantuan bangunan sebanyak 3 lokal dan telah ditempati. Kedepanya dia berharap ada bantuan lainya sebagai pelengkap fasilitas, seperti pagar, bangunan lokal, MCK dan perpustakaan. (Erwin/hR)