Wabup Tgk Amran Lepas Peserta  KONOTA Jejal Rute Pergunungan

Tapaktuan, haba RAKYAT

Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan Tgk Amran melepas ratusan peserta event Kota Naga Trail Adventure (KONATA) ke-1 untuk menjejal rute pergunungan setinggi lebih kurang  1.500 meter dari permukaan laut.

Pelepasan para kroser  olah raga trail adventure berlangsung di garis star Taman Pala Indah, Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Sabtu (8/12/2018) pukul 10.30 WIB.

Saat  melepas, Wabup Tgk Amran turut didampingi unsur Forkopimda, Sekdakab H Nasjuddin SH MM,  sejumlah SKPK,  dan Kepala BNNK Aceh Selatan Nuzulian S.Sos.

Wabup Tgk Amran mengatakan, event KONOTA ke-1 ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Aceh Selatan ke-73.

“Kegiatan ini juga bertujuan  untuk mempromosikan destinasi wisata alam yang ada di Aceh Selatan,” katanya.

Ia berharap kepada para  kroser   dari Aceh Selatan dan sejumlah kabupaten/kota di Aceh  itu agar menjaga sportivitas dan kekompakan saat melintasi rute di lintasan  pergunungan.

“Karena medan yang akan ditempuh  para kroser  sangatlah berat untuk itu sportivitas dan kekompakan sangat dibutuhkan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu Wabup Tgk Amran mengucapkan terima kasih kepada para kroser dari kabupaten/kota di Aceh yang telah datang meramaikan KONOTA ke-1.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST yang telah menghadirkan para peserta dari berbagai daerah untuk menyemarakkan kegiatan ini,” ucapnya.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono kepada wartawan mengutarakan, untuk kenyamanan para kroser di rute pergunungan,  setiap  pos telah stanbay petugas keamanan dan tim medis.

“Kita harapkan kroser tetap menjaga keselamatan dalam mengendarai trail saat melintasi medan berat di kawasan pergunungan nanti,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana KONATA ke-1 Mudasir SE menjelaskan, KONOTA ke-1 diikuti  sebanyak 250 peserta termasuk dua diantaranya kroser wanita dari Banda Aceh.

“Rute yang ditempuh  para kroser meliputi lintasan pergunungan Kec. Tapaktuan dan Kec. Samadua, sejauh  40 Km, dengan waktu tempuh 5 jam,” jelasnya.

Ia menyebutkan adapun rute  lintasan Tapaktuan diawali  di kawasan tanjakan pergunungan Putri Tidur, Gampong Batu Itam, tembus ke Puncak Gemilang, Gampong Lhok Bengkuang.

“Tiba  di  Puncak Gemilang, para kroser istirahat untuk melaksanakan shalat Dzuhur,” ujarnya.

Setelah itu sambungnya, para kroser  kembali melanjutkan perjalanan menuju  kawasan pergunungan Gampong Panton Luas hingga tembus ke Gampong Lubuk Layu, Kec. Samadua.

“Selanjutnya, setelah melewati beberapa jalur yang sudah di tentukan, peserta langsung melewati jalan nasional untuk kembali ke titik finish di Taman Pala Indah Tapaktuan,” pungkasnya. (Ran/hR)