Jika Tak Ingin Berurusan Dengan Hukum, Keuchik Diminta Jangan Salahgunakan ADG

Aceh Timur – haba RAKYAT.

 

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H meminta seluruh perangkat Gampong maupun pengelola Alokasi Dana Gampong (ADG) untuk tidak coba-coba melakukan penyimpangan dan penyelewengan dana Desa. Karena, kalau itu sampai hal ini terjadi maka akan berurusan dengan hukum, dan akan pidanakan jika cukup bukti dan salah dalam penggunaan ADG atau DD.

Hal ini disampaikan Kapolres Aceh Timur saat menjadi pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pembinaan Dan Pengelolahan Dana Gampong yang berlangsungdi Pendopo Bupati Aceh Timur, Selasa (02/04/2019).

Kegiatan tersebut akan dilakukan selama 6 hari terhitung dari. Senin (01/04/2019). Semua peserta dalam  sosialisasi ini diundang dari perwakilan empat  wilayah di Kabupaten Aceh Timur. Yakni :  Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak Timur, Kecamatan Idi Timur dan Kecamatan Idi Tunong.

Adapun tujuan diadakan sosialisasi ini, supaya para keuchik dalam penggunaan ADG tidak berbenturan dengan hukum dan sesuai petunjuk tekhnis (juknis) dan tepat sasaran di gampong masing-masing.

Kapolres juga menegaskan agar para Keuchik mampu mengelola dan memanfaatkan ADG dengan baik dan benar. Untuk itu mari kita awasi bersama penggunaan ADG” pinta Kapolres.

Menurut Kapolres, penyimpangan ADG bisa saja terjadi, karena mereka para keuchik atau aparatur gampong mungkin belum memahami peraturan, tidak tahu mempertanggung jawabkan dan masalah miss manajemen.

“Karena tidak transparan, kemudian tidak melibatkan masyarakat setempat. sehingga tentunya dengan demikian masyarakat tidak tahu menahu apa yang akan dilakukan dan berapa jumlah dan besaran dana yang disiapkan untuk itu.” Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, S.I.K, M.H. (Azhar/hR)