KIP Aceh Tengah Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

Aceh Tengah – haba RAKYAT.

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019, berlangsung serentak di seluruh Indonesia, Kamis 11 April 2019. Simulasi ini juga dilaksanakan oleh KIP Kabupaten Aceh Tengah, bertempat di lapangan Setdakab Aceh Tengah.

Simulisasi secara simbolis mengambil TPS 2 kampung Kuteni Reje Kecamatan Lut Tawar, jumlah pemilih 142 orang Laki-laki dan Perempuan, termasuk kaum disabilitas, dengan melibatkan PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat.

Menurut Sekertaris KIP Aceh Tengah M. Sofyan,MSi dalam sambutanya saat pembukaan acara, mengatakan bahwa kegiatan tersebut nantinya juga akan dilaksanakan di setiap TPS lainya se- Kabupaten Aceh Tengah. Dirinya menambahkan bahwa dalam waktu dekat anggaran pembangunan fasilitas TPS segera dicairkan.

Ketua KIP Aceh Tengah Yunadi HR, pada kesempatan sama mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut mensukseskan Pemilu 2019.

Sementara Wakil Bupati Aceh Tengah H. Firdaus,SKM dalam sambutanya menyebutkan hal senada dengan Ketua KIP. Pada kesempatan itu Wabup juga turut ikut serta sebagai peserta simulasi, dengan serangkaian tatatertib dalam pemilihan di TPS.

Simulasi ini dibuat senyata mungkin menggambarkan kondisi di hari H nanti, di mana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi. Merepresentasikan kejadian pemungutan suara di TPS pada 17 April mendatang.

Komisisoner KIP Aceh Tengah, Ketua Bidang Divisi Teknis Mukhlis S.S menyebutkan dalam kegiatan itu, selain Melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan.

“Kita juga lihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga kita bisa memperkirakan hari pemungutan dan pemungutan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Kita berharap simulasi yang dilakukan KIP Kab Aceh Tengah, mampu menjadi tolok ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara.

Kami berharap simulasi hari ini bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara, sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil 17 April mendatang,” kata Mukhlis.

Untuk penghitungan surat suara hasil simulasi dilaksanakan pada hari Jum’at 12 April 2019, bertempat di gedung Op Room Setdakab Aceh Tengah. (Erwin/hR)