MASSA DEMO PT. EMM DOBRAK PINTU PAGAR KANTOR BUPATI NAGAN RAYA

Ratusan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa untuk Generasi Beutong Ateih Banggalang (AM-GBAB), tolak PT. EMM. (Foto/hR/sukma-lia riska).

Nagan Raya – haba RAKYAT.

Aksi masa ratusan pendemo mahasiswa melakukan  demo di depan kantor bupati setempat. Demo di mulai dari pukul 9 wib, aksi massa masih terkendali namun orasi massa untuk menuntut Bupati agar menemui pendemo tersebut seakan di abaikan, sehingga aksi semakin memanas.

Tepat pukul 11.25 wib akhirnya massa saling dorong dengan petugas Kepolisian dan Satpol PP. Akhirnya pintupun terbuka oleh mahasiswa dan langsung masuk ke halaman kantor Bupati, serta melakukan aksinya di teras kantor Bupati setempat, menuntut bupati harus menemui masa dan aksi masa sempat bentrok debgan pihak keamanan karena masa memaksa untuk masuk ke dalam.

Tepat pukul 12.00, akhirnya masa aksi mundur dengan teratur karena bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham SE, akhirnya menemui mahasiswa yang berunjuk rasa.

Dalam tanggapannya, Jamin juga menjelaskan kronologis PT Emas Mineral Murni (PT EMM) memperoleh izin eksplorasi di Nagan Raya, Aceh.

“Kalau diizinkan, saya akan membacakan kronologis PT EMM memperoleh izin. Apa diizinkan saya membacakan kronologisnya,” kata Jamin di depan mahasiswa di depan podium kantor bupati setempat .

Tepat pukul 12.23 wib masa dari Aliansi Mahasiswa untuk Genetasi Beutong Ateuh Banggalang (AM-GBAB) yang di bacakan oleh ketua AM-GBAB Basriadi menuntut Bupati Nagan Raya menandatangani surat pernyataan tentang penolakan tambang PT. EMM, ada tiga tuntutan yaitu :

Mendesak Plt Gubernur agar mencabut izin opersai bukan hanya mencabut Rekomendasi PT. EMM. Tidak mengizinkan dan atau membiarkan PT. EMM  beroperasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya dan tidak memberikan izin kepada perusahaan tambang lainya untuk beroperasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya. (Sukma – Lia Riska/hR)