MESKI HUJAN TURUN, WARGA ANTUSIAS DATANG KE PSU

Warga Desa Suka jaya, ramaikan TPS O4 pada Pemilihan Suara Ulang , Sabtu, 27/4/2019. (Dok. Foto : Sumadi).

SIMEULUE – haba RAKYAT

Susana pagi Sabtu,27/4/2019 hujan deras, namun tak menyurutkan langka warga untuk datang ke Pemilihan Suara Ulang ( PSU) tepatnya TPS 04 Desa Suka Jaya Kecamatan Simeulue Timur, terminal Sinabang.

Pantauan awak media ini PSU tersebut di dua tempat yang dilaksanakan yakni, TPS O4 Desa Suka Jaya dan TPS 02 Desa Kuala Makmur masih Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue.i

Ketua PPS Desa Suka Jaya, Ica Endang Fitri, menjelaskan, bahwa warga yang terdaftar Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sangat antusias mengikuti PSU ini, dilihat dari banyaknya pemilih yang mendaftar di TPS “Di TPS 04 ini meski kondisi hujan, antusias warga untuk memilih lumayan tingg, dari , 279 DPT di TPS 04 ini untuk melakukan pencoblosan sekitar 200 san” ucapnya.

menjelaskan, PSU di TPS 04 disebabkan, pada Pemilu 17 April 2019 lalu, ada pelanggaran yang dilakukan KPPS setempat yakni, DPT lain yang memberikan suaranya di TPS 04 namun tidak menggunakan form A-5, sehingga pihak Panitia Pengawas Pemilu merekomendasikan untuk PSU. “Adanya pelanggaran dari penyelenggara pemilu, sehingga pihak pengawas merekomendasikan untuk PSU ini,” ucap Ica.

Hal yang sama PSU di TPS 02 , Desa Kuala Makmur itu diadakan karena ada surat rekomendasi dari Panwaslih, terkait pelanggaran pemilu yang sama dengan TPS 04 Desa Suka Jaya. Dengan jumlah DPT Desa Kuala Makmur Sebanyak 279 pemilih.” Tutupnya. (Sumadi/hR)