Ratusan Mahasiswa Sampaikan Petisi ke Mapolres Langsa

Ratusan Mahasiswa Sampaikan Petisi ke Mapolres Langsa. (Foto/hR/Eddy).

Langsa – haba RAKYAT.

Ratusan mahasiswa sampaikan petisi ke Mapolres Langsa. Pasalnya mereka
Tak bisa menerima tindakan represif yang dilakukan pihak kepolisian terhadap rekan rekan mereka mahasiswa Aceh di Banda Aceh .

Ratusan mahasiswa dari organisasi kemahasiswaan dari berbagai Perguruan Tinggi /Universitas di Langsa melakukan aksi unjuk rasa ke jalan dan mendatangi Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Langsa, Jumat (12/4)sore.

Kedatangan ratusan mahasiswa tersebut untuk menyuarakan rasa kecewa atas kekerasan yang dilakukan pihak Kepolisian Aceh terhadap mahasiswa yang melakukan aksi demo menuntut ditutupnya PT EMM yang beroperasi tanpa mengantongi izin.

Menurut mereka, tidak seyogyanya Kepolisian bersikap arogan terhadap aksi yang dilakukan oleh mahasiswa, sebab aksi tersebut merupakan bentuk perlawan terhadap PT EMM yang mengeruk dan mengambil hasil Bumi Aceh.

Oleh sebab itu, Ratusan mahasiswa Langsa meminta agar Kapolres Langsa, menyampaikan tuntutan mereka ke Kapolda Aceh dan Kapolri dalam bentuk petisi yang berisikan beberapa point. Pertama Mengecam Tindakan Reperensif terhadap mahasiswa. Kedua meminta Kepolisian Aceh Bersikap netral.

Ketiga meminta agar Pegawai Honorer yang melakukan penghinaan terhadap mahasiswa untuk ditindak, Keempat meminta agar Kapolres Langsa menandatangani petisi dan kelima meminta kepolisian agar tidak membela pemimpin dan menzolimi rakyat.

Sementara Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK MSc yang hadir ditengah-tengah mahasiswa mengatakan adik adik mahasiswa adalah bahagian dari Kepolisian sehingga apapun yang bisa dibantu untuk mendukung aspirasi mahasiswa, pihaknya akan membantu.

“Kalian (Adik mahasiswa) adalah keluarga saya, pasti akan saya terima dengan sebaik-baiknya,” tutur Kapolres.

Selain itu, kata Kapolres, ia selalu menekankan kepada anggota nya dimana pun ia bertugas, terkhusus saat ini di Polres Langsa untuk memiliki moralitas kepada siapapun, terkhusus mahasiswa yang sedang menyuarakan aksi rakyat.

Diakhir penyampaiannya Kapolres menandatangani petisi yang berisikan 4 tuntutan mahasiswa Langsa dan ratusan mahasiswapun kembali dengan tertib. (Eddy/hR)