Sawang Indah Wakili Aceh Selatan Dalam Lomba Gampong Tingkat Provinsi

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Gampong Sawang Indah, Kecamatan Labuhanhaji Timur mewakili Kabupaten Aceh Selatan dalam lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Terpilihnya Gampong Sawang Indah, ditandai dengan turunnya Tim penilaian dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh ke Gampong Sawang Indah, Selasa (30/4/2019).

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong DPMG Aceh Drs Mohamad Irfan M.Si itu disambut oleh masyarakat di halaman Mesjid Baitul Izzah, Gampong Sawang Indah.

Turut hadir Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM mewakili Bupati H Azwir S.Sos, para Asisten, kepala OPD, unsur Muspika Labuhanhaji Timur, para Imum Mukim, para Keuchik, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Keuchik Gampong Sawang Indah, Amir Mahmud dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim penilai dari provinsi Aceh.

Kepada tim penilai, ia menjelaskan, bahwa luas keseluruhan wilayah Gampong Sawang Indah adalah 2,5 hektar. Terbagi dalam tiga dusun, dan terletak di pesisir pantai.

“Jumlah penduduk sebanyak 509 jiwa atau 73 KK. Mata pencarian penduduknya, terdiri dari petani, nelayan dan sebagian kecil PNS serta sebagian kecil pedagang,” jelasnya.

Tampilnya Gampong Sawang Indah dalam lomba gampong tingkat provinsi, setelah terpilih sebagai juara 1 dalam lomba gampong tingkat Kabupaten Aceh Selatan pada bulan Maret 2019 lalu.

“Kami nyakin dan percaya dan berharap Gampong Sawang Indah akan meraih juara 1 nantinya di tingkat provinsi. Juga kami siap menerima dalam bentuk apapun dari evaluasi hari ini,” ucapnya.

Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin menyatakan, Pemkab Aceh Selatan sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya penilaian dan evaluasi ini, karena akan memacu gampong untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

“Melalui kegiatan evaluasi/lomba gampong ini, juga akan meningkatkan peran aparatur pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada tim pembina dan penilai evaluasi perkembangan gampong/lomba gampong tingkat kabupaten yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Sehingga dapat mengantarkan Gampong Sawang Indah sebagai juara 1 sekaligus mewakili Kabupaten Aceh Selatan untuk mengikuti lomba gampong tingkat Provinsi Aceh,” tuturnya.

Ia berharap yang tentunya harapan masyarakat Gampong Sawang Indah juga, semoga pada evaluasi perkembangan gampong tingkat Provinsi Aceh ini, Gampong Sawang Indah kembali mengukir prestasi dan maju mewakili Provinsi Aceh ke tingkat regional dan bisa menjadi rumah contoh untuk wilayah Aceh umumnya.

“Pada kesempatan ini kami bermohon kepada tim penilai tingkat provinsi Aceh agar dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria maupun instrumen – instrumen penilaian yang ditetapkan,” harapnya.

Sebelumnya, Kabid Pemerintahan Mukim dan Gampong DPMG Aceh Mohamad Irfan atas nama Pemerintah Aceh memberi apresiasi kepada Gampong Sawang Indah yang telah masuk dalam 10 besar nominasi gampong terbaik di Aceh.

“Yang dinilai diantaranya yakni aspek pemerintahan, aspek kewilayahan, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek keamanan dan ketertiban, produk hukum dan siaga bencana,” sebutnya. (Ran/hR)