Sektor Pertanian Desa Kota Batu Lumpuh

Penyuluh pertanian Kab. Simeulue dan masyarakat petani di Desa kota Batu. *Dok. Foto : Sumadi).

Simeulue – haba RAKYAT.

 

Masyarakat petani di Desa Kota Batu, tiga tahun ini tak pernah turun kesawah. Lahan – lahan persawahan hanya ditumbuhi rumput.

” Adapun lahan persawahan yang ada di Desa tersebut, sudah tiga tahun tak kunjung di garap. Hal itu dijelaskan Sersan. Agus Mulianta Ginting sebagai Babinsa di Tiga Desa Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Minggu (7/ 5/2019).

Petani di Desa Kota Batu pada umumnya merespon pada saat tim penyuluhan dari Dinas Pertanian Kab, Simeulue, memberikan arahan dan bimbingan masalah pertanian.

Dari hasil pertemuan masyarakat dan penyuluh, belum menemukan titik temu, atas tiga faktor terkendala itu ” kami sangat antusias ke sawah, tetapi kendala nya tidak ada sarana saluran air, pupuk tidak pada prosedur dan juga hama.”ujar petani

Babinsa berharap, sektor pertanian di Desa Kota bisa terwujud agar masyarakatnya secara pangan tidak lagi diimpor beras dari luar,’ imbuhnya.

Dalam Tiga Desa di Kecamatan Simeulue Timur yakni, Desa Kota Batu, Desa Air Dingin dan Desa Ameria Bahagia, sedangkan Dua Desa binaannya tidak punya lahan sektor pertanian yaitu, Desa Air Dingin dan Desa Ameria Bahagia.

Lanjutnya, keluhan masyarakat petani tersebut , suda kita tindaklanjuti ke Kecamatan melalui Camat Simeulue Timur, dengan demikian bagai mana selanjutnya lahan- lahan persawahan sekian tahun lumpuh bisa di manfaatkan sebaik mungkin sesuai harapan kita bersama.” Harap Agus Mulianta. (Sumadi/hR)