KEGIATAN SEMINAR DAN WORKSHOP PENINGKATAN DAYA SAING UMKM WILAYAH BIREUEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Bireuen – haba RAKYAT.

PT. Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen, pada selasa (30/04/2019) lalu telah melaksanakan Seminar dan Workshop yang diadakan di tempat Aula Kantor Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen. Kegiatan tersebut menyasar para pelaku usaha UMKM yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Bireuen.

Menurut pimpinan cabang bank Aceh Syariah Bireuen Muhammad Hendra Supardi, para undangan 52 orang peserta seminar mengemukakan bahwa interaksi antara bank dan pelaku usaha semestinya dapat berjalan kontinyu dan berkesinambungan.

Dalam pemaparannya, Pemimpin Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen itu juga memberikan materi terkait edukasi pembuatan laporan keuangan bagi pelaku usaha mikro. Indikasi selama ini, para pelaku usaha mikro masih kesulitan mengakses pembiayaan perbankan dikarenakan lemahnya mereka dalam pencatatan keuangan usahanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bireuen yang diwakili oleh Asisten II menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Aceh Syariah tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan kepada pelaku UMKM agar mampu bersaing dalam perkembangan global yang semakin pesat, khususnya dalam menyikapi budaya interaksi ekonomi. Pelaku usaha UMKM juga diharapkan agar semakin kreatif dan mampu untuk memanfaatkan berbagai aplikasi digital di Era Revolusi Industri 4.0.

Kalangan akademisi Universitas Al Muslim pun turut memberikan materi bagi pelaku usaha UMKM disampaikan oleh Hakim Muttaqim, B. Doc. So., M. Ex. Dec. (Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Al-Muslim) khususnya bagaimana menyiasati agar produk-produk yang dihasilkan dapat lebih menarik minat para pembeli serta strategi pemasaran yang sinergis diantara pelaku usaha melalui konsep pengembangan nilai-nilai lokal yang pada akhirnya bermuara pada nilai global. Akademisi Universitas Al Muslim juga bersedia melakukan pendampingan bagi pelaku usaha UMKM sebagai bentuk pengabdian mereka kepada masyarakat.

Tujuannya Mengedukasi pelaku usaha UMKM (khususnya mikro) dalam pembuatan laporan keuangan usaha agar menghasilkan pencatatan keuangan usaha yang jelas dan terukur sehingga dapat mengakses pembiayaan perbankan. Dan juga agar pelaku usaha UMKM di wilayah Kabupaten Bireuen dapat lebih kreatif dan produktif dalam memasarkan produk mereka di pasaran yang lebih luas. (Heri/hR)