KIP Asel Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2019 tingkat kabupaten.

Rapat pleno terbuka berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan, Kamis (2/5/2019) malam.

Dilokasi dijaga ketat oleh ratusan personel gabungan TNI/Polri, personel Satpol PP, dan personel Dinas Perhubungan.

Turut hadir Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM mewakili Bupati Aceh Selatan H Azwir S.Sos, Kapolres AKBP Dedy Sadsono ST, dan Dandim 0107/Asel Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB.

Selain itu juga turut hadir Kajari Aceh Selatan atau yang mewakili, Sekretaris KIP Aceh Selatan Surya Darma S.STP, Ketua Panwaslih Aceh Selatan Baiman Fadhli SH beserta Anggota Panwaslih Zarlianto, para Panwascam, dan para PPK, serta para saksi baik dari Parnas maupun Parlok.

Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin sebelum menyampaikan kata sambutannya, terlebih dahulu mengajak semua tamu undangan untuk berdoa bersama atas meninggalnya seorang KPPS di Aceh Selatan maupun tingkat nasional.

Menurutnya, pemilu 2019 di Aceh Selatan telah terlaksana dengan lancar, jujur dan adil. Begitu juga tingkat partisipasi masyarakat Aceh Selatan cukup tinggi dibandingkan pemilu sebelumnya.

“Dengan partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam pemilu kali ini, tentu sangat membanggakan, semoga dapat kita pertahankan di masa – masa mendatang,” ucapnya.

Kesempatan itu, atas nama Pemkab Aceh Selatan, ia mengharapkan pelaksanaan rekapitulasi suara hendaknya jangan terburu buru dilakukan.

“Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan, jika pun ada yang keberatan atas hasil ini tempuh lewat jalur yang telah ditentukan,” harapnya.

Kapolres AKBP Dedy Sadsono ST dalam kata sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Aceh Selatan, para Caleg dan saksi yang telah mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, sehingga berjalan lancar dan sukses.

“Sebagaimana sebelumnya disampaikan Ketua KIP, bahwa pelaksanaan pemilu 2019 ini sangat menguras tenaga dan pikiran kita. Mudah – mudahan pleno tingkat kabupaten ini cepat terlaksana dengan lancar,” pintanya.

Sementara itu, Dandim 0107/Asel Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB menyebutkan, rapat pleno rekapitulasi ini merupakan tahap akhir untuk melaksanakan rangkaian pemilu di Aceh Selatan.

“Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh Selatan yang telah mensukseskan pemilu Pileg dan Pilpres,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan, rekapitulasi penghitungan suara agar dapat dilaksanakan dengan baik, karena dari tahap awal hingga rapat pleno ini telah berjalan baik.

“Namun seandainya jika ada yang merasa keberatan atas hasil rekapitulasi ini silahkan ajukan keberatan sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua KIP Aceh Selatan Saiful Bismi menyampaikan, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 akan dilakukan dari tanggal 2 hingga 4 Mei 2019.

“Paling cepat rekapitulasi kita targetkan selesai dalam 3 hari. Karena sesuai jadwal rekapitulasi tingkat kabupaten dari tanggal 2 hingga 12 Mei, tingkat provinsi dari tanggal 12 hingga 17 Mei 2019,” jelasnya.

Menurut dia, pelaksanaan pemilu 2019 kali ini sangat – sangat menguras tenaga dan pikiran, kendati demikian secara umum pemilu di Aceh Selatan berjalan aman, tertib dan lancar. Tentu saja hal ini tak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Dalam kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh Selatan, Pemkab Aceh Selatan, Polres Aceh Selatan, dan Kodim 0107/Asel,” ucapnya. (Ran/hR)