KUA SAWANG AKAN LAKUKAN ISTBAT NIKAH MANDIRI
Saat penyusunan berkas persyaratan 116 pasangan suami-isteri 
yang akan melakukan istbat nikah mandiri. (Photo/hR/Yoes).

Aceh Utara – haba RAKYAT.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara bekerjasama dengan Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon akan melaksanakan istbat nikah sejumlah 116 pasangan suami isteri yang berasal dari Kecamatan setempat. Istbat nikah mandiri ini dikakukan, karena mereka belum memiliki buku nikah resmi yang dikeluarkan KUA setempat. Berbagai penyebabnya bisa saja terjadi, misalnya mereka melakukan pernikahan pada saat situasi konflik.

Oleh karenanya, usai lebaran nanti akan dilakukan istbat nikah sebanyak 116 pasangan suami-isteri yang berkas persyaratannya telah diterima, ungkap Kepala KUA Sawang, Yusri Noval, Lc, MA melalui Staf Administrasi, Jafaruddin, Jim’at (3/5).

Menurutnya, mungkin saja di kecamatan lain di Aceh Utara masih ada pasangan suami-isteri seperti di Kecamatan Sawang yang belum memiliki buku nikah yang dikeluarkan KUA Kecamatan, bahkan mungkin di Kecamatan Sawang, bisa jadi lebih dari 116 pasangan. Namun, sampai dengan hari Jum’at kemarin baru 116 pasangan suami-isteri melapor dan menyerahkan berkas persyaratan, sebut Jafaruddin.

“Insya Allah, apabila berkas persyaratannya lengkap semua, istbat nikah mandiri akan terlaksana tanpa kendala, sehingga masing-masing pasangan suami-isteri akan ada buku nikah tersendiri”, pungkasnya. (Yoes/hR)