Pelanggar Lalu Lintas di Aceh Utara Dikumpulkan dan Diberi Tausiah

Lhoksukon – haba RAKYAT.

Ada-ada saja ide Satlantas Polres Aceh Utara dalam menggelorakan keselamatan masyarakat berlalulintas, Sabtu, 19 Mei 2019 sore, jajaran Satlantas Polres Aceh Utara bekerjasama dengan Bhayangkari Cabang Aceh Utara, melakukan bagi bagi takjil menjelang berbuka puasa, tapi ada pemandangan menarik dan tak biasa terjadi.

Pasalnya. Puluhan pelanggar lalulintas yang didapati petugas, langsung di berhentikan dan dikumpulkan diatas kursi merah, tak lama kemudian muncul seorang ustadz yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh Satlantas Polres Aceh Utara untuk memberikan himbauan dan tausyiah tentang tertib berlalulintas melalui sudut pandang muslim bagi para pelanggar, sedangkan bagi pengendara yang tertib dibagikan takjil oleh organisasi Bhayangkari cabang Aceh Utara dan kemudian melanjutkan kembali perjalanan seperti biasa.

Sontak saja para pelanggar tidak menyangka dan tersipu malu, dimana masyarakat yang lalulalang memberikan sorot mata tajam yang tertuju kepada mereka pelanggar yang sedang diberi tausyiah. Sebagian ada yang tertawa, sebagian ada yang menunduk malu, dan sebagian lagi menyimak tausyiah dari pak ustadz diatas podium dengan seksama.

Kapolres Aceh Utara melalui Kasatlantas Polres Aceh Utara Iptu.Sandy Titah Nugraha, SIK menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud dan tindakan nyata dari kepolisian akibat dari tingginya angka pelanggaran lalulintas saat bulan ramadhan. Kasatlantas dan jajaran ingin memberikan _reward and punishment_ bagi pelanggar yang tertib dan melanggar.

“Bagi-bagi takjil saja belum cukup untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat, pemberian sanksi sosial terhadap pelanggar dimana melakukan pendekatan melalui agama dan di harapkan bisa diterima oleh masyarakat Aceh sendiri yang menjunjung tinggi syariat islam” ujar Sandy.

Diharapakan kepada masyarakat bisa lebih tertib guna turunnya angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Aceh Utara. (Azhar/hR)