Pemkab Aceh Utara Raih Opini WTP Empat Kali

Lhoksukon – haba RAKYAT.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Aceh terhadap laporan keuangan Tahun Anggaran 2018. WTP Tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Perwakilan BPK Provinsi Aceh Syafruddin Lubis, kepada H. Mulyadi selaku Ketua DPRK Aceh Utara dan Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tahun 2018, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh daerah itu. Maka BPK memberikan WTP atas laporan keuangan tahun 2018.

Hal tersebut menunjukkan kalau Pemerintah Aceh Utara telah berhasil mempertahankan Opini WTP selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2015 lalu. Prestasi tersebut akan menjadi momentum untuk mendorong terciptanya akutanbilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan.

Dalam hal ini, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib melalui Kabag Humas, Andree Prayuda mengatakan, sejak masa kepemimpinan Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf, Aceh Utara telah meraih WTP sebanyak empat kali berturut-turut. Menurutnya, hal ini berkat kerjasama seluruh SKPK dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemda Aceh Utara.

“Kami atas nama Pemerintah Aceh Utara menyampaikan apresiasi kepada BPK RI perwakilan Aceh yang telah melakukan pemeriksaan sekaligus memberikan opini yang sangat mengembirakan bagi Pemda Aceh Utara, terhadap hasil laporan Keuangan tahun 2018,” kata Andree, Senin (27/5/2019).

Andree menerangkan, keberhasilan ini tentunya membuktikan kalau Bupati Aceh Utara mampu membangun kebersamaan, sehingga semua tahapan dan elemen yang menjadi penilaian BPK dalam pengelolaan Keuangan Daerah telah dapat dilakukan sesuai dengan Sistim Pengendalian Internal (SPI) dan peraturan perundang-undangan.

“Keberhasilan tersebut berkat arahan dan bimbingan yang juga dilakukan oleh Sekretaris Daerah Bapak Abdul Aziz, kepada seluruh SKPK di lingkungan Pemda Aceh Utara. Sehingga terwujudnya kerja keras dan kekompakan antar ASN di lingkup SKPK masing-masing dengan menunjukan keta’atan dan kepatuhan untuk memenuhi semua data yang dibutuhkan oleh tim BPK.

Oleh karena itu, keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua di bawah arahan Bupati, kita juga sangat salut kepada Pimpinan dan Anggota DPRK Aceh Utara yang telah menunjukan keharmonisan dalam melakukan penataan keuangan daerah di Kabupaten Aceh Utara selama ini,” ujarnya.

Ditambahkan, Pemkab Aceh Utara  menyampaikan terimakasih kepada instansi terkait dalam memfasilitasi demi kelancaran proses pemeriksaan yang di lakukan oleh tim BPK di daerah tersebut, semoga atas perbuatan dan kerja keras tersebut akan menjadi amal ibadah yang mendapat ganjaran dan pahala dari Allah SWT. (Azhar/hR)