Unit Reskrim Tangkap Pemasok Rokok Ilegal di Aceh Tengah

AG Bin J dan AO dua orang tersangka ditengarai sebagai pemasok rokok ilegal, saat jalani pemeriksaan di Mapolres Aceh Tengah. (Foto/Ist).

Aceh Tengah – haba RAKYAT.

Kepolisian Polres Aceh Tengah melalui Unit Resort Kriminal, pada Tanggal 21 Mei 2019, sekira pukul 16.00  WIB, bertempat di Jalan Sengeda Kecamatan Lut Tawar, berhasil menangkap pemasok Rokok ilegal di Kabupaten penghasil Kopi tersebut.

Sesuai dengan Laporan Polisi Nomor LP.A / 21/ V / 2019 / SPKT,  tanggal 21 Mei 2019, Unit Reskrim Aceh Tengah menangkap dua orang pelaku sebagai pelanggar tindak pidana Kesehatan dan Perlindungan Konsumen.

AG Bin J (34 Tahun), berprofesi sebagai Guru dengan alamat Kota Lhokseumawe dan seorang tersangka berinisial AO (29),  pekerjaan Wiraswasta juga tercatat sebagai penduduk di kota Lhokseumawe. Diketahui telah merugikan Negara dan masyarakat, karena telah memasok barang ilegal rokok tanpa Pita Cukai.

Sehingga rokok yang diedarkan para pelaku tersebut tidak mencantumkan peringatan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009, tentang kesehatan.

Berdasarkan keterangan Kapolres Aceh Tengah melalui Kasat Reskrim Iptu Agus Riwayanto Diputra.SIK, kepada media menjelaskan kronologis penangkapan terhadap ke dua tersangka.

Dijelaskanya pada hari tersebut salah seorang anggota Kepolisian Polres Aceh Tengah Bripka Amran Mukhtar.SH, melihat 1 unit mobil Daihatsu Grandmax warna hitam dengan Nopol. BL 8481 JN, sedang menurunkan kotak berisikan rokok.

Kemudian Bripka Amran yang saat itu berada di lokasi menghampiri mobil tersebut dan melihat ke dua tersangka (TSK) membawa 10 kotak rokok merk Luffman, tanpa dilengkapi dengan dokumen dan tanda bahaya rokok.

Selanjutnya anggota Kepolisian tersebut melaporkan ke Mapolres Aceh Tengah, sehingga barang bukti berjumlah 5000 ribu bungkus rokok yang terdapat dalam 10 kotak ber isi 500 slop (1 kotak 50 slop, 1 slop = 10 Bungkus, -Red) dan 2 TSK segera diamankan ke Mapolres Aceh Tengah guna proses lebih lanjut. 

Kasat Reskrim Aceh Tengah Iptu Agus Riwayanto Diputra.SIK, mengungkapkan guna menindaklanjuti kasus tersebut, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan mengamankan para TSK. Kemudian selanjutnya melengkapi berkas dan gelar perkara terhadap TSK dan Barang Bukti, untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Aceh Tengah. (Erwin/hR)