Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Kodim  0117/Aceh Tamiang

Tampak suasana upacara peringatan Harkitnas ke 111 di Makodim 0117/ Aceh Tamiang, Senin (20/5/2019). Foto/hR/Eddy.

Aceh Tamiang – haba RAKYAT.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019  Kodim 0117/Aceh Tamiang diperingati dengan upacara bendera yang dipusatkan di Makodim setempat, Senin (20/5/2019).

Bertindak sebagai Irup Upacara Komandan Kodim (Dandim) 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol , Komandan Upacara Danramil 04/Bendahara Kapten Inf N. Rizal dan Perwira Upacara Pasi Pers Dim 0117/Atam Kapten Inf Sri Indarjo.

Dandim dalam amanatnya menyampaikan  sambutan Menteri Komunikasi Informatika RI Rudiantara.

Disebutkan, dalam naskah Palapa yang ditemukan pada kitab Parasaton tertulis : Sira Gajah Madapatih Amangkubbumi tan ayun amuktia palapa, Sira Gajah Mada :

“Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring pahang, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasi, semana isun amukti palapa”.

,”Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin Persatuan Indonesia,. Wilayah  Nusantara disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat pahlawan nasional.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan  teks Sumpah Palapa tersebut.

‘Alhamdulillah sampai sekarang ini tahap-tahap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berlangsung dengan lancar.

Selamat memperingati Ha Kebangkitan Nasional yang ke-111, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

Upacara diikuti para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Dim 0117/Atam, Personil dan PNS Dim 0117/Atam. (Eddy/hR)