Dandim 0104/Aceh Timur Irup  Hari Lahir Pancasila di Langsa

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis pimpin upacara  peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Langsa di  halaman pendopo Walikota Langsa. (Foto/hR/Eddy).

Langsa – haba RAKYAT.

Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis pimpin upacara  peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Langsa di  halaman pendopo Walikota Langsa, Sabtu (1/6-2019).

Dalam peringatan tersebut, bertindak selaku Komandan Upacara Danramil 03/Rantau Selamat Kapten Inf Sukamto, Perwira Upacara  Pasipers Kapten Inf Alfani serta Dandim selaku inspektur upacara.

Pada kesempatan ini, Dandim  juga membacakan langsung amanat dari Plt. Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono.

Dalam amanatnya Dandim menyampaikan,Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Lanjutnya, proses internalisasi juga sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, serta harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,”tegasnya.

Dalam konteks itulah ia mengatakan, bahwa sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Di akhir amanatnya, ia senantiasa mengajak untuk bersatu membangun bangsa guna merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. (Eddy/hR)