Dua Gampong Akan Laksanakan Pilchiksung Ulang

Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan H Zulkarnaini M.Si

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Dari 128 gampong di Kabupaten Aceh Selatan  dua diantaranya akan melaksanakan Pemilihan Keuchik langsung (Pilchiksung) ulang. Dikarenakan masing – masing calon memperoleh suara  tertinggi yang sama.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan H Zulkarnaini M.Si mengatakan, dua gampong yang akan melakukan Pilchiksung ulang yakni Gampong Lawe Sawah, Kecamatan  Kluet Timur, dan Gampong Tanjung Harapan, Kecamatan Meukek.

“Pilchiksung ulang dikarenakan dua calon keuchik Gampong Lawe Sawah,  nomor urut satu (1) Mahya Sahrial dan nomor urut tiga (3) Zulkarim,  masing-masing memperoleh 178 suara,” kata H Zulkarnaini kepada Media haba RAKYAT di Tapaktuan, Jum’at (21/6/2019).

Begitu juga, lanjutnya, dua  calon keuchik Gampong Tanjung Harapan, nomor urut dua  (2 ) Syukran S.Pd.I, dan nomor lima (5) Rizwan Nurly  masing – masing memperoleh 130 suara.

“Pemilihan ulang atau putaran kedua di Gampong Lawe Sawah dan Gampong Tanjung Harapan dijadwalkan dalam minggu mendatang,” jelasnya.

Camat Kluet Timur Moeriadi SE menyatakan, pelaksanaan Pilchiksung ulang di Gampong Lawe Sawah akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2019 mendatang.

“Pelaksanaan pemilihan ulang kita jadwalkan  pada tanggal 26 Juni 2019 mendatang,” ujarnya,  seusai berkoordinasi dengan Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Selatan  H Zulkarnaini.

Menurutnya,  proses pemilihan ulang tersebut dilaksanakan sesuai aturan Qanun Nomor 04 Tahun 2009,  pasal (35)  tentang teknis tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik di Aceh.

Gampong – gampong yang melaksanakan Pilchiksung serentak di Kec. Kluet Timur pada tanggal 19 Juni 2019 lalu, yaitu  Gampong Paya Laba,  Sapik, Durian Kawan, Paya Dapur, Lawe Buluh Didi, Lawe Sawah, Lawe Cimanok, dan  Gampong  Pucuk Lembang.

“Dari delapan Gampong itu, Gampong Lawe Sawah belum terpilih keuchiknya. Dikarenakan dua calon keuchik memperoleh suara tertinggi imbang atau drow,” sebut Moeriadi.

Kesempatan itu, Camat Kluet Timur Moeriadi berharap dalam proses pemilihan ulang di Gampong Lawe Sawah nanti, para calon dan pendukung maupun masyarakat, agar  tetap menjaga nilai – nilai persatuan dan kesatuan.

“Berusahalah dengan cara yang baik untuk mendapat simpatik masyarakat, hindari cara-cara yang tidak terpuji seperti, fitnah – fitnah money politik dan lain-lain yang bisa merusak tatanan demokrasi Pilchiksung di Kluet Timur,” harapnya.

Ia juga memberi  apresiasi kepada para penyelenggara atas terselenggaranya Pilciksung di Kluet Timur, sehingga dari tahapan awal sampai dengan hari pemilihan berjalan lancar dan sukses.

“Pelaksanaan Pilchiksung berlangsung  cukup baik, itu tandanya Kluet Timur sudah jauh lebih maju dalam berdemokrasi,” tuturnya.

Sementara itu, Camat  Meukek Ramzil Hadi S.STP secara terpisah mengatakan, proses pelaksanaan Pilchiksung ulang di Gampong Tanjung Harapan dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 25 Juni 2019 mendatang.

“Pemilihan ulang ini dikarenakan dari 6 orang calon keuchik di Gampong Tanjung Harapan, dua diantaranya memperoleh nilai suara tertinggi  yang sama,” tutupnya. (Ran/hR)