HUT Bhayangkara ke- 73, Polres Aceh Tengah Adakan Lomba Pos Kamling

Wakapolres Aceh Tengah Kompol Chairul didampingi Kapolsek Bebesen IPTU Akhir Harsa , foto bersama Tim Penilai Lomba Pos Kamling dan Aparatur Pemerintahan di Desa Daling. (Dok. Foto : Erwin).

Aceh Tengah – haba RAKYAT.

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke- 73, Polres Aceh Tengah menggelar kegiatan “Lomba Pos Kamling” di jajaran wilayah hukum Kabupaten setempat. Wakapolres Aceh Tengah Kompol Chairul Ikhsan, Rabu (26/06), bersama tim penilai dari Polres Aceh Tengah meninjau langsung salah satu Pos Kamling di Desa Daling Kecamatan Bebesen, untuk memberikan penilaian.

Wakapolres saat wawancara menyebutkan satu kecamatan pada satu Polsek menampilkan 1 pos kamling terbaiknya untuk diperlombakan.

“Jadi nanti ada penilaian Tim dari Polres ke desa  atau pos kamling terbaik. Nantinya akan kita berikan penghargaan pada saat atau setelah Upacara Hari Bhayangkara, akan kita berikan reward pos kamling terbaik”. Ungkap Kompol Khairul.

Lebih lanjut Wakapolres ini menyebutkan, dasar perlombaan sesuai perintah dari Petinggi Polri yaitu Kapolri dengan surat Telegram, untuk melaksanakan perlombaan-perlombaan dalam rangkaian Hari Bhayangkara.

Dalam hal ini disebutkan Wakapolres, perlombaan yang dilaksanakan di Aceh Tengah antara lain adalah lomba Pos Kamling dan lomba Bhabinkamtibmas terbaik. Wakapolres menambahkan Pos kamling adalah PAM Pengamanan Swakarsa yang khususnya bekerjasama antara Polsek dan Kepala Desa setempat.

 “Dalam menjaga situasi kamtibmas dengan adanya pos kamling ini, situasi kamtibmas di desa tersebut atau di desa ini bisa kita amankan. Dalam arti kata dengan adanya partisipasi masyarakat secara swakarsa, sehingga situasi kamtibmas di desa tersebut kondusif,” ucapnya mejelaskan.

Wakapolres juga berharap agar pos kamling dapat terus aktif di setiap harinya, sehingga dapat meminimalisir pelaku atau kelompok-kelompok tertentu untuk berbuat kriminal atau ingin memperkeruh situasi keamanan kamtibmas di tempat tersebut.

Kompol Chairul Ikhsan pada kesempatan itu juga mengungkapkan peran Bhabinkamtibmas yang bersinergi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Jadi kita sendiri dari Bhabinkamtibmas dibantu oleh Babinsa dari Koramil dan Pak Reje (Kepala Desa, -Red), ini harus sinergi. Dengan adanya intensitas kedatangan atau sambang para Bhabinkamtibmas dan dibantu oleh Babinsa dari Koramil, sehingga pengaruh atau kedekatan TNI – Polri dan Masyarakat bisa sinergi,” Tutup Wakapolres.

Selain di desa Daling Kecamatan Bebesen, nantinya akan  ada beberapa tempat lagi yang menjadi objek penilaian, khususnya pos kamling di Kecamatan dan yang terbaik untuk dilakukan penilaian. Kegiatan penilaian pos kamling sendiri berdasarkan keterangan Wakapolres sudah berlangsung sebanyak 3 kali.

Sementara itu Reje Desa Daling Ramli, kepada media mengucapkan terimakasihnya kepada Kapolsek Bebesen yang telah memberikan kepercayaan terhadap desanya. “Karena ini kan marwah Kampung Daling. Kita harus berterimakasih kepada Bapak Kapolsek, karena sudah mempercayai desa kami masuk dalam kategori penilaian dalam perlombaan Pos Kamling,” ungkapnya. (Erwin/hR)