Ini Kronologis Terbakarnya 3 Rumah di Madat Aceh Timur

Aceh Timur – haba RAKYAT.

Diduga akibat arus pendek (konsleting listrik) tiga unit rumah di Dusun Mawar, Desa (gampong) Seuneubok Pidie, Kecamatan Madat Aceh Timur, Jum’at (21/6/2019), sekira pukul 17.30 WIB terbakar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun semua pakaian dan surat-surat penting milik korban atas nama Mawardi ludes terbakar. Kerugia diperkirakan sekitar Rp 70 juta rupiah.

Pantauan media ini dilokasi satu rumah berkonstruksi kayu berukuran 6×5 meter milik Mawardi bin Tgk Ahmad (35) habis terbakar, sedangkan dua rumah yang berdampingan dengan rumah korban turut juga dilalap api. Tampak dua anggota Polsek Madat ikut membantu memadamkan Api bersama petugas pemadam dan warga setempat. Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian ini berawal dari percikan api yang diduga akibat konsleting listrik berasal dari rumah Mawardi yang saat itu sedang bekerja dan tidak berada di rumah.

Menurut saksi mata Rusnah (55) istri dari Tgk Ahmad (65). Saat kebakaran terjadi dirinya sedang memasak nasi di dapur rumahnya yang ditemani Sofiah (52), kemudian Rusnah mencium bau seperti wayer terbakar dan Rusnah menyuruh Sofiah untuk mencari tahu dari mana asal bau seperti wayer terbakar.

“Saat saya keluar dari dapur, saya melihat dari tiang kabel listrik ada percikan api menjalar ke rumah Wardi dan membakar meteran listrik yang tertempel di dinding rumah, kemudian saya langsung berteriak minta tolong, warga sekitar datang berusaha memadam api dengan peralatan seadanya.”ujar Sofiah kepada media ini dilokasi.

Sementara itu Keuchik gampong Seneubok Pidie Saiful mengatakan tiga rumah yang terbakar adalah milik Wardi dan rumah orang tuanya bernama Tgk Ahmad serta rumah Abdul Manaf (60), ketiga rumah tersebut berada Dusun Mawar desa tersebut.

“Masyarakat beramai-ramai berusaha memadamkan api. Tapi karena rumah Mawardi terbuat dari kayu, api dengan cepat menjalar dan menyambar rumah di belakangnya, yaitu rumah Tgk. Amad dan rumah Abdul Manaf, Api baru bisa di padamkan setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran dari Alue Bili Kecamatan Baktya Aceh Utara dan satu Mobil Pemadam dari Madat Aceh Timur tiba di lokasi dan memberikan pertolongan.” Kata Saiful saat dimintai keterangan.

Amatan media ini, Kondisi rumah semi permanen milik Tgk. Amad api berhasil melahap dinding kamar depan dan atap, sedangkan rumah Abdul Manaf api juga sempat membakar dinding dan atap dapur miliknya.

Camat Madat Mukhtaruddin SE mengatakan peristiwa ini terjadi di ketahui setelah diberitahukan Keuchik gampong setempat. Namun, saat ini Mukhtaruddin mengaku masih berada di Sigli Aceh Pidie.

“Iya benar, saya mendengar ada kebakaran tiga rumah warga desa Seuneubok Pidie Kecamatan Madat. Insya Allah, kejadian ini akan segera saya laporkan kepada bapak Bupati Aceh Timur, semoga Senin nanti pihak dinas bisa membantu meringan beban pihak korban kebakaran.” tuturnya melalui telpon selularnya. (Azhar/hR)