Manasik Haji Berakhir, Kasubbag TU Kankemenag Aceh Utara Isi Materi Di Dewantara

Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Aceh Utara, H. Asnawi, S.Ag, M.Sos saat memberikan materi manasik haji, Minggu (23/6) di Titik 1 Masjid Besar Bujang Salim, Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. (Photo/hR/Yoes).

Aceh Utara – haba RAKYAT.

Bimbingan Manasik Haji 1440 H/2019 M yang diselenggarakan Kantor Urusan Agama (KUA) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan se-Kabupaten Aceh Utara yang berlagsung selama sepekan, berakhir sudah, Minggu (23/6).

Sebagaimana yang telah diberitakan dalam edisi 580 media cetak ini sebelumnya, bahwa kegiatan ini dipusatkan pada tujuh titik di masjid-masjid kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara. Ketujuh lokasi pelaksanaan manasik haji ini yaitu,  Kecamatan Muara Batu, Dewantara, Nisam, Syamtalira Aron, Tanah Luas, Lhoksukon dan Seunuddon, dengan jumlah seluruhnya 539 JCH telah berakhir secara serentak pada hari tersebut.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kankemenag Kabupaten Aceh Utara, H. Asnawi, S.Ag, M.Sos mengisi kegiatan bimbingan manasik haji pada hari terakhir, Minggu (23/6), di Masjid Bujang Salim, Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara.

Pada kesempatan itu, H. Asnawi menyampaikan hal-hal penting mengenai pelaksanaan ibadah haji dan umrah kepada Jemaah Haji Peziarah (JCH), termasuk persiapan rumah bagi keluarga yang ditinggalkan, permintaan maaf kepada kerabat dan teman, mengatur dan berangkat ke Haji Haji Hostel, mengingatkannya pada manasik peserta JCH.

“Kondisi kesehatan harus senantiasa dijaga dan beristirahatlah yang cukup, sehingga saat diberangkatkan nanti, Teungku/Ummi, Bapak/Ibu para tamu Allah, Calon Haji dan Hajjah dalam kondisi fisik dan kesehatan yang cukup prima, segar dan bugar”, pesan H. Asnawi.

Kepada peserta manasik, H. Asnawi juga mengingatkan untuk mengikuti Bimbingan Manasik tingkat Kabupaten Aceh Utara, yang dijadwalkan berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (26 dan 27 Juni 2019), di Masjid Mideun Syuhada Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Dewantara, Mahdi, S.Ag saat dikonfirmasi media ini, Minggu (23/6) malam mengabarkan, jumlah peserta yang mengikuti manasik haji di Kecamatan Dewantara sebanyak 73 JCH. Mereka, sebut Mahdi telah mengikuti 6 kali pertemuan dengan jumlah 73 jam pelajaran, berupa materi dan praktek. Pemberian praktek bertujuan agar para JCH mendapatkan gambaran serta pemahaman yang jelas tentang prosesi pelaksanaan ibadah haji dan umrah setiba di Tanah Suci nanti, jelasnya.

“Insya Allah, kami yakin bahwa mereka akan mandiri dari JCH untuk menjadikan ziarah dengan baik dan benar serta sempurna sesuai dengan panduan haji dan wajib haji,” kata Mahdi. (Yoes / hR)