“Mohon Uluran Dermawan”.. 5 Tahun Kanker Grogoti Kaki, Darma Berharap Sembuh

Langsa – haba RAKYAT.

Lelaki berperawakan gagah ini bernama TM Darmaya. Saat ini pria kelahiran Langsa , 2 September 1983 itu (36 tahun) silam bekerja sebagai salah seorang perangkat Kampung /Desa Serambi Indah Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa Propinsi Aceh.

Tidak ada yang aneh dari sosok pemuda yang gagah ini. Lelaki berperawakan tinggi dengan kulit sawo matang ini tampak normal seperti warga warga lainnya sebagaimana terlihat media ini saat mampir di kediamannya , Selasa (25/6/2019) sore.

Namun ternyata, dibalik kegagahan dan usianya yang masih terbilang sangat produktif tersebut, 36 tahun, dirinya (Darma-red) menyimpan kegalauan yang luarbiasa akibat kanker ganas yang menggerogoti bagian kaki kanan tubuhnya.

Selain itu, dengan perekonomian keluarga yang kurang menggembirakan bagi dirinya dan keluarga, sejak 1, 5 tahun terakhir ini Darma terpaksa menanggung sakitnya tersebut tanpa bisa berbuat banyak untuk dapat sembuh melalui jalan operasi medis di Rumah Sakit Medan Sumatera Utara atau Banda Aceh sebagaimana yang dianjurkan salah seorang dokter di RSUD Langsa.

Faktor ekonomi membuat dirinya harus pasrah entah sampai kapan bisa menjalani operasi kanker kakinya tersebut yang semakin hari semakkn ganas dan tumbuh benjolan membesar
disertai bernanah. Benjolan besar tersebut tampak hanya dibalut kain kassa atau perban putih.

Kepada media ini, Darma menceritakan awal penyakit yang dideritanya tersebut saat kaki kanannya itu terpukul atau terbentur besi ranjang tidur dirumahnya sekitar tahun 2014 silam.

Namun tak ada keanehan , hanya rasa sedikit sakit saja sejak kejadian tersebut hingga menjelang awal tahun 2018. Dalam rentang waktu 4 tahun tersebut , Darma menganggapnya mungkin biasa saja , hanya benturan yang bisa cepat hilang sakitnya.

Namun seiring perjalanan waktu, kegusaran dan kegelisahannya mulai muncul karena rasa sakit itu makin mendera dan mulai muncul benjolan kecil awalnya dan lambat laun makin membesar.

Saat itu, Darma juga sudah berupaya untuk mengecek kondisi kakinya itu dengan berobat ke pengobatan alternatif di Kualasimpang Aceh Tamiang dan Langsa pada awal tahun 2018. Saat di alternatif itu, dikatakan hanya sakit kelenjar saja. Namun juga tak kunjung sembuh.

Barulah dalam tiga bulan terakhir ini , medio Maret 2019 ,Darma mulai memeriksa kondisi sakit kakinya tersebut ke pihak medis yakni dokter praktek di Langsa dr Furqan.

Hasil diagnosanya, sakit yang diderita tersebut dinyatakan kanker jaringan otot. Akibat kondisinya semakin parah, dokter menyarankan untuk dirujuk berobat ke Medan. Akibat sakitnya itu, berat tubuh Darma juga terus menurun dari semula 114 kilogram kini turun menjadi 93 kilogram.

Namun karena faktor ekonomi, Darma harus rela menguburkan mimpinya untuk bisa segera sembuh atau menjalani operasi agar dia bisa menjalani aktifitas kesehariannya dengan normal kembali.

“Semoga ada donatur atau dermawan yang ikhlas untuk membantu dirinya agar bisa segera menjalani operasi penyembuhan kanker kakinya tersebut,” harap Darma saat menceritakan kegundahannya tersebut kepada Eddyanto SST yang juga Kasi Kesra dan Keistimewaan Aceh Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang tersebut sore tadi di kediamannya.

“Ini bang, nomor kontak saya 081340925631, mana tau ada donatur atau hamba Allah yang ikhlas membantu meringankan penderitaannya tersebut , “sebutnya lirih. SEMOGA (Eddyanto SST)