Pemkab Asel Beri Sanksi Terhadap 200 ASN

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Aceh Selatan  memberi sanksi terhadap 200 Aparatur Sipil Negara (ASN)  yang tidak masuk kerja tanpa keterangan pada 31 Mei dan 1 – 10 Juni 2019, lalu.

Hal tersebut disampaikan Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM saat memimpin apel susulan   di halaman Kantor Bupati Aceh Selatan, Jalan Teuku Ben Mahmud Tapaktuan, Senin (24/6/2019).

Sekdakab H Nasjuddin menyatakan, sebelum dikenakan sanksi kepada ASN terlebih dahulu telah dikirimkan surat kepada masing – masing  instansi pemerintahan.

Terkait pemberitahuan masuk kantor pada tanggal 31 Mei,  dan ikut apel gabungan tanggal 10 Juni 2019, seusai cuti lebaran Idul Fitri 1440 H.

“Mestipun tidak dapat hadir, ASN  harus memberikan keterangan. Jangan merasa sepele karena merasa dekat dengan pimpinan,” ungkapnya.

Karena semua ASN  disama ratakan, bagi yang tidak masuk kantor, akan diberikan sanksi ikut apel  di halaman kantor bupati dan akan dipotong uang tunjangan khusus (TC).

“Yang  kenak sanksi hari ini tetapi tetap juga  tidak hadir akan diberikan sanksi tambahan,” tegasnya.

Kepada para honorel juga  akan diberikan sanksi berupa pembinaan, karena mareka tidak mempunyai TC seperti ASN.

”Sanksi ini telah sesuai dengan Peraturan Pemeritah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN,” jelasnya.

Menurutnya, penilaian  bukan dilihat dari tiga hari penuh mereka (ASN)  tidak hadir,  tetapi itu sama. Artinya tanggal 31 Mei itu hari terjepit sama bobotnya dengan tanggal 1  dan 10 Juni 2019.

“Kami  berharap tahun depan jangan ada lagi wajah – wajah yang sekarang ini ikut lagi, karena  sebagai ASN  kita harus mengikuti kedisiplinan yang sudah ditetapkan,” tegasnya,

Selain itu, Sekdakab H Nasjuddin meminta kepada Kasatpol PP dan WH Aceh Selatan Drs Rahmatuddin M.Si untuk mengambil tindakan tegas terhadap ASN yang berkeliaran saat jam kerja.

“Razia di warung – warung  kopi,  dan  yang berkeliaran baik di pasar Inpres, maupun sebelum jam pulang kantor,” pintanya. (Tix/hR)