RATUSAN PENUMPANG KAPAL PERINTIS SERBU LOKET TIKET

Simeulue – haba RAKYAT.

Kapal KMP. Sabuk Nusantara 110 melayani rute penyeberangan daerah terluar dan terdepan. Adapun kapal perintis tersebut untuk merajut konektivitas dan merangkai wilayah Terpencil, Terdepan, Terluar dan Perbatasan (3- TP) salah satunya wilayah Kepulauan Simeulue Aceh.

Kehadiran kapal tersebut merupakan perogran pemerintah melalui Kementrian Perhubungan Cq Ditjen Perhubungan Laut. Nahkoda KMP. Nusantara 110 itu mengatakan pada awak media, Minggu (16/6/2019). Bahwa membludaknya penumpang, akibat kapal feri satu unit dalam keadaan rusak mesin, Hanya satu kapal feri yang melalayani.

Sedangkan KMP. Sabuk Nusantara terbatas penumpang sesuai kapasitas yang ada. Maka saya berharap ” tolong masyarakat bersabar antrian tiket pasti kebagian. selanjutnya bagi pemilik sepeda motor Belum bisa kami pastikan muat karna, sesuai  kapasitas kapal juga, ucap Rudianto selaku Nahkoda.

Ia menyebutkan ( rudianto-red), Mebludak penumpang pada saat event tertentu seperti, mudik lebaran dengan antrian ini karna keterbatasan sarana kapal maupun tempat loket, ia menyebutkan selama ini hanya di loket pintu atau di kapal pengambilan tiketnya.” Kita berharap para jasa penumpang, dimaklumi dengan kapasitas kapal yang ada. Adapun kapasitas untuk penumpang hanya 400 dan – 500 orang sedangkan sepeda motor 80 unit.” Ujarnya.

Kapal perintis tersebut melayani rute antara lain, Calang-Sabang, Sabang-Malahayati, Malahayati  Sabang, Sabang-Lhokseumawe, Lhokseumawe-Sabang, Sabang-Calang, Calang-Sinabang, Sinabang-Tapaktuan, Tapaktuan-Sinabang dan Sinabang-Calang dan Meulaboh.

Pantauan media ini saat dilokasi kargo Sinabang ratusan penumpang itu terpaksa mengatur barisan antrian dan penumpang saling desakan, karna pintu jendela loket cuman satu yang ada. ” Tolong pak tiket saya harus kebagian dan dapat berangkat” ucap penumpang itu. demi menjaga keamanan Bersama terpaksa lokasi kantor tiket  tempat sabandar itu di arahkan pihak kepolisan Polsek Sim- Tim setempat. (Sumadi/hR)