Wabup Tgk Amran Pimpin Rakor Agenda  Jadwal  Tanam Serentak di Kluet Timur

Tapaktuan – haba RAKYAT.

Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan Tgk Amran memimpin rapat koordinasi (Rakor) mengenai agenda jadwal rencana tanam serentak di Kecamatan Kluet Timur dan Kecamatan Kluet Selatan.

Rapat atau musyawarah yang dikoordinir oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kluet Timur itu, berlangsung di Aula Kantor Camat Kluet Timur, Sabtu (29/6/2019).

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Ir Yulizar MM, Camat Kluet Timur Moeriadi SE, Kapolsek Iptu Sutardi, dan Pj Danramil 13/Kluet Timur Pelda Mutrizal.

Selain itu, juga turut hadir Kabag Humas Setdakab Drs Ramli Tanjung, para Imum Mukim, para Keuchik, para Mantri Tani, dan petani dari Kecamatan Kluet Timur, serta Kecamatan Kluet Selatan.

Dalam musyawarah tersebut disepakati bersama jadwal tanam serentak di wilayah Kec. Kluet Timur, dan Kec. Kluet Selatan akan berlangsung pada bulan Agustus 2019 mendatang.

Wabup Tgk Amran mengatakan, sudah selayaknya pola tanam serentak di Kluet Raya ini dilakukan dua kali setahun. Seperti di wilayah Labuhanhaji yang telah menerapkan pola tanam dua kali setahun.

“Sebab rata – rata penduduk di Kabupaten Aceh Selatan ini berprofesi sebagian petani, nelayan dan pedagang,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya pola tanam padi serentak ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan tanaman jagung, karena hasil panen padi jauh lebih baik.

“Saya harapkan kegiatan tanam serentak yang telah dijadwalkan ini harus kita dukung bersama – sama,” harapnya.

Selain itu, Wabup Tgk Amran juga mengharapkan kepada masyarakat supaya membersihkan saluran – saluran irigasi supaya debit air lancar mengairi persawahan.

Mensukseskan tanam serentak tersebut, nanti akan dikerahkan 100 unit traktor untuk menggarap lahan persawahan di Kluet Timur dan Kluet Selatan.

“Mudah – mudahan kegiatan tanam serentak telah rampung dalam bulan Agustus 2019 mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Kluet Timur Moeriadi kepada Media haba RAKYAT seusai acara menjelaskan, jadwal tanam serentak di jadwalkan berlangsung bulan Agustus 2019.

“Penaburan bibit dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2019. Tanggal 15 hingga tanggal 30 Agustus 2019 mulai penanaman,” jelasnya.

Ia menambahkan, jenis bibit padi yang ditanam nanti jenis impari 23. Lahan persawahan di Kec. Kluet Timur seluas 1300 hektar.

“Kita harapkan kegiatan tanam serentak tahun 2019 di Kec. Kluet Timur ini berjalan lancar dan sukses,” imbuhnya. (Ran/hR)