Pangdam IM Pimpin Upacara Pembukaan Opster TNI di Aceh Selatan

Tapaktuan – haba RAKYAT .

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko memimpin upacara pembukaan Operasi Teritorial (Opster) TNI tahun 2019, di Lapangan Bola Gema Samadua, Aceh Selatan (3/7/2019).

Pembukaan diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Pangdam IM. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja kepada perwakilan satuan tugas (Satgas) terdiri dari personil TNI/Polri dan masyarakat.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan paket sembako kepada masyarakat oleh Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, dan Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Aswardi SE.

Disusul kemudian diserahkan oleh Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran selaku mewakili bupati Aceh Selatan, Ketua DPRK Aceh Selatan, Teuku Zulhelmi, dan Ketua MPU Aceh Selatan H Tgk Armia Ahmad.

Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dalam arahannya menyebutkan, Opster TNI merupakan tanggung jawab TNI dalam melaksanakan amanat UU Nomor 34 Tahun 2004 khususnya dalam operasi militer selain perang membantu pemerintah daerah.

“Disamping itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna persatuan dan kesatuan bangsa,” sebutnya.

Pangdam IM lebih lanjut memaparkan, Opster TNI yang digelar ini mempunyai prioritas sasaran utama yaitu pembangunan rumah tidak layak huni masyarakat di Desa Batu Itam Tapaktuan, dan Desa Jambo Papan Meukek.

Pembangunan barak santri Raudhatul Baharuddin di Desa Arun Tunggai Meukek, pembangunan jalan beton sepanjang 1,1 Km di Desa Payo Nangadang, dan Desa Arafah, pembangunan tebing penahan sungai untuk mengurangi dampak banjir, serta pengecatan mesjid di Kecamatan Samadua.

Sasaran non fisik meliputi kegiatan sosialisasi penerimaan TNI, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, hukum, Syariat Islam, pemberian bantuan mesjid, pemberian paket sembako serta pengobatan massal, dan lain lain.

“Pada situasi seperti sekarang ini, dimana lingkungan kita membutuhkan kepedulian sosial, sehingga dituntut aksi nyata bagi kepentingan masyarakat,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam IM berharap kepada prajurit yang terlibat secara langsung dalam Opster TNI ini, agar memanfaatkan kegiatan ini untuk memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Sehingga berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat. Semoga kita harapkan kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” harapnya.

Di akhir acara turut dimeriahkan oleh Marching Band dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati Aceh.

Acara tersebut dihadiri jajaran Kodam IM, Korem 012/TU, unsur Forkopimda, Sekdakab Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM, para Asisten, Kepala SKPK, para Camat, tokoh agama para Imum Mukim, dan para Keuchik. (Ran/hR)