Sosialisasi dan Evaluasi Penyaluran BPNT di Kabupaten Bireuen

Bireuen – haba RAKYAT .

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Lhokseumawe bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bireun dan PT BRI KC BIREUEN menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan Edukasi pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bireuen dengan mengundang seluruh Tenaga kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Koordinator pendamping PKH, Perwakilan E-Warong di 17 Kecamatan. Dalam periode ini di Kab. bireuen terdapat 34810 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 17 kecamatan.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala KPw BI Lhokseumawe, Dalam hal ini diwakili oleh Sdr. Durma Jaya selaku Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Bank Indonesia sebagai Bank Sentral sangat mendukung penuh pelaksanaan bantuan sosial secara non tunai.

“Secara khusus saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Sosial BIREUEN yang sudah mendukung pelaksanaan Sosialisasi dan Edukasi ini. Ucapan terima kasih juga kepada, BNI lhoksemawe serta peserta Sosialisasi dan Edukasi yang telah bekerjasama dan hadir pada pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi BPNT ini,”katanya,senin (8/7/2019).

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala KPw BI Lhokseumawe, Dalam hal ini diwakili oleh Sdr. Durma Jaya selaku Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran.tujuan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi program BPNT karena dinilai sangat strategis dan dapat meningkatkan pemahaman perangkat daerah, pengelola, agen, Bank penyalur, dan pendamping BPNT mengenai kebijakan dan mekanisme penyaluran BPNT. Juga ntuk mempersiapkan para pelaksana penyaluran BPNT serta meningkatkan optimalisasi program BPNT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selanjutnya Kepala Dinas Sosial Kab. Bireuen yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Ilyas Cut Ali selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Sosial Kabupaten Bireuen. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Bireuen sudah menyalurkan BPNT semenjak Juni 2019. Namun dalam kegiatan ini perlu ditingkatkan kembali pemahaman pendamping mengenai Teknis penyaluran BPNT ini karena ini merupakan suatu program yang baru terlaksana di Kabupaten Bireun dan terus dipersiapkan penyalurannya.

Dengan adanya pelaksanaan sosialisasi dan edukasi ini, Bank Indonesia berharap pelaksanaan penyaluran BPNT di Kab. Bireuen dapat berjalan dengan baik, lancar, dan aman sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi KPM,”tutupnya. (Heri/hR)